Kelak Mobil Honda Bisa Tangkap Pejalan Kaki


TOKYO (DP) – Banyak pabrikan mobil mengembangkan teknologi untuk melindungi pejalan kaki dari cedera parah bila tertabrak mobil, sementara Honda punya teknologi baru dan bahkan sudah mendaftarkan patennya.

Hak paten yang diajukan Honda ke kantor paten Jepang pekan itu didaftarkan sebagai sistem penangkap pejalan kaki. Alat itu sendiri dilengkapi dengan semacam jaring untuk ‘memegang’ pejalan kaki bila tertabrak mobil sehingga dapat mencegahnya masuk ke kolong mobil.

Menurut Honda, seperti dilansir Autoguide, jaring penangkap itu akan ditempatkan di atap kendaraan, tepatnya di atas kaca depan, atau di lokasi lain di bagian depan kendaraan.

Adapun cara kerja sistem tersebut adalah, bila kendaraan menambrak pejalan kaki, jaring akan keluar dari tempatnya untuk menangkap pejalan kaki yang terlempar ke atas kap mesin. Dengan begitu, sang korban tidak sampai jatuh ke kolong mobil dan tergilas.

Baca juga:  Honda Bakal Fasilitasi Quick Charge Mobil Listrik di Eropa

Pada ujung jaring terdapat magnet sehingga dapat menempel pada kap mesin, yang memungkinkan korban yang tertabrak tidak bergerak ke mana-mana setelah tertangkap jaring.

Desain jaring penangkap itu mengingatkan pada paten yang diajukan Google untuk layanan ride-sharing otonom Waymo.

Kita belum bisa melihat bagaimana sistem anyar ini diterapkan pada mobil-mobil Honda ke depan. Sepertinya sistem itu sulit untuk diterapkan pada model produksi dalam skala besar, dan juga tak relevan dengan kebanyakan konsumen. Kemungkinan sistem ini lebih cocok untuk taksi online atau taksi reguler yang lebih banyak beroperasi di jalan raya. [dp/TGH]