Toyota Makin Pede dengan Teknologi Fuel Cell Hidrogen


LOS ANGELES (DP) – Toyota tampaknya semakin percaya diri dengan kemajuan yang dicapai untuk teknologi fuel cell hidrogen, yang menjadi bukti teknologi ini siap menantang teknologi listrik yang sudah diadopsi banyak pabrikan saat ini.

Belum lama ini, Toyota kembali memamerkan truk berat berteknologi fuel-cell hidrogen yang masih dalam bentuk prototipe untuk uji coba dalam sebuah acara industri di Michigan, Amerika Serikat.

Di kalangan internal Toyota, truk hidrogen ini dijuluki “Beta.” Dibandingkan versi terdahulu (berjuluk Alpha), truk versi anyar ini memiliki daya jelajah lebih jauh, yakni mencapai sekitar 500 km. Untuk versi Alpha, truk peminum hidrogen tersebut sudah menjalani ujicoba sejauh hampir 16.000 km dan beroperasi sebagai kendaraan logistik di kawasan pelabuhan di Long Beach dan Los Angeles sejak April 2017. Truk ini memiliki daya jelajah lebih dari 321 km untuk sekali mengisi penuh tangki dengan hidrogen. Truk tersebut memiliki tenaga 670 tenaga kuda dan torsi 1.325 pound-feet, cukup untuk mengangkut beban hingga sekitar 36.000 kg.

Baca juga:  'Perang Artis' antar APM di Penghujung GIIAS 2018

Untuk truk anyar versi Beta masih memiliki tenaga dan torsi yang sama dengan versi lawas, namun kini dimensi kabinnya bertambah, yang bisa dipakai untuk tempat tidur, meski wheelbase tak berubah. Untuk tenaga penggeraknya, truk Toyota ini menggunakan dua fuel cell milik sedan Toyota Mirai dan ditopang baterai berkapasitas 12 kilowatt-hour.

“Dengan mengevaluasi truk versi pertama kami dalam berbagai fasilitas pengujian dan operasional aktual di jalan raya di kawasan Los Angeles, kami mencatat banyak perbaikan dari sisi performa,” kata Andrew Lund, chief engineer proyek truk hidrogen Toyota dalam keterangan tertulisnya.

Truk hidrogen versi Beta ini menjadi bukti terkini dari komitmen Toyota terhadap pengembangan fuel cell dan bahan bakar hidrogen sebagai dapur pacu alternatif di masa depan. Meski dihadapkan pada sejumlah tantangan, seperti infrastruktur pengisian hidrogen, Toyota tetap berani bertaruh untuk membuktikan bahwa teknologi fuel cell hidrogen dapat menyaingi popularitas kendaraan listrik di masa mendatang.

Baca juga:  Tampil Lebih Ciamik, Harga Toyota New Avanza dan Veloz Tak Naik

Saat ini Toyota tengah mengembangkan Mirai generasi baru, yang diharapkan meluncur pada awal 2020-an, dan juga berencana memperkenalkan beberapa model FCV, termasuk SUV, pick up dan truk komersial dalam waktu dekat. [dp/TGH]