Rossi Senang Yamaha Tak Lagi Uji Motor di Jepang 2019


BRNO (DP) – Valentino Rossi mengatakan bahwa lebih baik daripada tidak sama sekali bagi Yamaha untuk membentuk tim pebalap uji di Eropa ketimbang di Jepang mulai musim 2019.

Alasan pebalap gaek asal Italia itu, pengujian oleh para test rider asal Jepang dan pengujian dilakukan di sirkuit di Jepang, akan menyulitkan untuk penyetalan motor saat berlaga di Eropa. Pasalnya, karakter sirkuit di Jepang dan Eropa berbeda.

Manajer tim Yamaha, Massimo Meregalli, mengatakan di Brno, Republik Ceko, Jumat (3/8), bahwa Yamaha mulai musim depan akan mengikuti langkah Honda dan Suzuki yang lebih dulu membentuk tim test rider asal Eropa dan melakukan pengujian motor juga di Benua Biru.

Hingga saat ini, pebalap uji resmi Yamaha adalah pebalap All-Japan Superbike, Katsuyuki Nakasuga, dan pekerjaan pengembangan motor R1 lebih banyak dilakukan di sejumlah sirkuit di Negeri Sakura.

Baca juga:  Teknisi Terpilih Honda Adu Keahlian di Tingkat Asia Oceania

Tapi mulai tahun depan akan berubah, dengan punggawa KTM Bradley Smith dan mantan pebalap Tech3 Yamaha Jonas Folger sebagai kandidat menjadi pebalap ketiga Yamaha pada 2019.

“Saya terus dorong untuk membentuk tim penguji Eropa, itu ide bagus,” sebut Rossi.

“Bekerja dengan tim di Jepang sulit, karena trek di sana sangat berbeda dengan di Eropa. Kami yang terakhir melakukannya, tapi terlambat masih lebih baik daripada tidak,” ucapnya.

Saat ditanya siapa yang akan menjadi pebalap uji Yamaha musim depan, Rossi menyebut dua nama calon, yakni Smith dan Folger, yang keduanya sudah paham dengan karakter motor Yamaha.

“Juga penting untuk memiliki pebalap uji yang tak terlalu tua dan bisa melaju sangat cepat,” tuturnya.

Sementara rekan setim Rossi, Maverick Vinales, mengaku antusias dengan wacana merekrut Folger sebagai test rider Yamaha.

“Jonas akan bagus, karena dia cepat dan sudah mengetahui karakter motor kami. Jadi jika punya Jonas di tim penguji,” sebut Vinales.

Baca juga:  DesmoDovi (Kembali) Tumbangkan Marquez di Qatar

Saat ini para pebalap MotoGP tengah bersaing mengukir waktu tercepat pada sesi kualifikasi untuk merebut posisi terdepan dalam balapan Grand Prix Ceko yang digelar di Sirkuit Brno, Minggu (5/8). Rossi bahkan mampu mencatat waktu tercepat dalam sesi latihan bebas ketiga, Sabtu (4/8). [dp/TGH]