Temu Komunitas Otomotif, Autovision Edukasi Penerapan Lampu yang Aman


TANGERANG (DP) – Keikutsertaan Autovision di ajang GIIAS 2018 memang tidak melulu ‘menjajakan’ beragam produk unggulannya saja. Edukasi seputar penerapan lampu-lampu di kendaraan pun dianggap penting, demi alasan keamanan dan kenyamanan.

Karena itulah pada akhir pekan lalu menggelar acara meet & greet dengan Fitra Eri di booth Autovision Hall 2 Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE, BSD City Tangerang.

Beberapa komunitas mobil pun turut hadir dalam kegiatan ini, yaitu Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia (X-MOC), Toyota Sienta Community Indonesia (TOSCA) dan Innova Community (IC).

“Kami ingin berbagi edukasi seputar lampu, mulai dari tren hingga bedah fitur teknologi lampu kendaraan terkini seperti jenis lampu LED (Light Emitting Diode),” buka Lily Hernawan, Direktur CV SPN.

Fitra pun mengamini bahwa lampu jenis LED merupakan pengembangan terkini pada sektor penerangan pada mobil. Hemat energi menjadi pertimbanganng. Terpenting adalah pendaran cahayanya fokus dan tidak menyebar.

“Hingga saat ini kebanyakan mobil-mobil terbaru di Indonesia telah menggunakan lampu LED. Kelebihan lampu LED memberikan visibilitas yang lebih jauh dan cahaya yang lebih jernih,” jelas Fitra.

Dibalik itu, seringkali ada kesalahan dalam pengaplikasian lampu jenis ini. Bagi pemilik mobil, penerapan lampu yang baik adalah hanya pada tingkat penerangannya saja. Sementara standarisasi dari pabrik tentunya ada batasannya.

“Pihak pabrikan punya standar untuk satuan warna cahaya pada angka 4.300 Kelvin. Artinya, dengan cahaya tersebut aman digunakan berkendara untuk malam hari, ketika hujan hingga berkabut. Lantaran cahaya yang dihasilkan masih bersifat menembus hujan dan kabut,” jelasnya.

Lantas, bagaimana ketika pemilik kendaraan ingin upgrade lampu mobilnya? “Meski setiap kendaraan telah disematkan lampu standar sesuai pabrikan, bagi konsumen yang ingin upgrade lampu kendaraan sebaiknya memilih produsen lampu aftermarket yang telah memiliki reputasi yang baik dan sudah teruji. Alasannya, karena lampu merupakan hal yang penting untuk mendukung keselamatan berkendara,” tambah Fitra. [dp/MTH]