Motor Patwal Presiden Putin Ini Racikan Pembuat Senapan AK-47


MOSKOW (DP) – Izh Concept, begitu nama prototipe yang akan menjadi calon motor pasukan pengawal (Patwal) Presiden Rusia Vladimir Putin. Perlu Anda tahu bahwa motor bertenaga listrik ini buatan pabrik pembuat senjata AK-47 yang terkenal itu.

Baru saja diperkenalkan di ajang pameran bertema ‘Russia Looking to the Future’ di Manezh Central Exhibition Hall, Izh juga didemonstrasikan di hadapan Presiden Putin dan akan mulai masuk jajaran kendaraan patwal kepresidenan pada 2019.

Kalashnikov adalah nama yang sangat lekat dengan senjata, khususnya senapan serbu AK-47 yang sudah dikenal kemampuannya di penjuru dunia karena kualitasnya yang tahan di segala kondisi. Dan merek ini sekarang berkecimpung dalam pembuatan sepeda motor Izh yang ditutup pada 2008 silam. Sedangkan Rostec akan berperan dalam pengawasan manufaktur sepeda motor, sementara kepala desainer adalah dari pihak Kalashnikov.

Motor konsep yang berlabur kelir hitam di sekujur bodinya itu sudah menjalani pengujian di sirkuit balap Formula 1 di Sochi, Rusia, tahun lalu. Bahkan Izh juga ada yang diserahkan kepada Kepolisian Moskow untuk diujicoba dalam kondisi riil.

Baca juga:  Sepeda Listrik ala Moge Ini Bisa Dipacu Hingga 35km/Jam

Jika sudah bertugas kelak sebagai bagian dari ‘Korteczh’ (patwal kepresidenan), tentu Izh juga akan mendampingi mobil limousin mewah anti-peluru yang digunakan Presiden Putin.

Menurut CEO Rostec, proyek Korteczh yang tengah digarap mungkin juga akan mencakup mini-van, SUV dan sedan di masa mendatang. Untuk gelombang pertama motor Izh akan diproduksi tahun ini.

Model Izh teranyar ini memiliki gaya ala cruiser dengan tampilan futuristik, terutama garis bodinya yang streamline dan penutup roda berukuran besar. Motor ini mampu ngebut hingga kecepatan 250 km/jam dan bobotnya sekitar 510 kg.

Untuk dimensinya, Izh memiliki panjang sekitar 3 meter. Kemampuan akselerasi dari posisi diam menuju kecepatan 100 km/jam dapat ditempuh dalam waktu 3,5 detik.

Berdasarkan laporan RT, Izh juga dipertimbangkan untuk diproduksi secara massal. “Kami telah memperkenalkan prototipe ini, dan tujuan kami adalah menciptakan produk yang inovatif serta memenuhi semua regulasi tentang keselamatan,” ujar CEO Sergei Chemezov. [dp/TGH]