Mungkin Tampang Adik Toyota 86 Seperti Ini?


TOKYO (DP) – Benar, banyak pecinta mobil sport menantikan kemunculan Toyota Supra dalam wujud aslinya selama beberapa tahun terakhir. Tapi di tengah penantian panjang itu, kini malah muncul gambar rekaan mobil sport yang diposisikan di bawah Toyota 86.

Kemunculan gambar render dari adik Toyota 86 ini selaras dengan apa yang pernah diucapkan Chief Engineer Toyota, Tetsuya Tada. Saat itu Tada mengungkapkan rencana merilis model coupe entry-level, yang bakal menjadi rival Mazda Miata.

“Akio [Toyoda] selalu mengatakan bahwa sebagai sebuah perusahaan otomotif, ia ingin ada tiga model sport yang disebut sebagai Three Brothers (tiga kakak beradik),” kata Tetsuya.

“Dengan GT86 di posisi tengah dan Supra sebagai kakak tertua, maka coupe anyar ini akan menjadi saudara termuda.”

Ketiga bersaudara itu sama-sama berpenggerak roda belakang dan dua pintu. Untuk model coupe, desainnya sepertinya dipinjam dari konsep S-FR yang debut pada 2015 dan juga beberapa model terbaru Toyota, seperti C-HR.

Pada fascia depan dicirikan dengan gril bawah berukuran besar dengan lampu kabut LED terintegrasi, lampu utama angular (banyak sudut) dan beberapa sudut agresif, yang sekilas mirip tampilan C-HR.

Sedangkan atapnya yang bergaya targa, seperti pada Mazda Miata RF dan konsep S-FR, tampaknya juga akan diterapkan pada coupe anyar Toyota ini.

Untuk performa masih menjadi misteri, tapi sama dengan hatchback Corolla terbaru, coupe ini sangat mungkin mengusung mesin hybrid.

Untuk konsep S-FR menggunakan mesin 1.5 liter 4 silinder yang menghasilkan tenaga 128 horsepower (95 kilowatt) dan torsi 109 pound-feet (147 Newton-meter). Tapi jika mengacu pada New Miata yang bertenaga 181 hp (134 kW) dan torsi 151 lb-ft (204 Nm), harapannya coupe dari Toyota ini bisa lebih galak lagi performanya.

Kemungkinan coupe entry-level dari Toyota akan hadir pada 2020, dan untuk 86 versi baru akan muncul pada 2021. [dp/TGH]