Empat Alasan Kuat Hingga MotoGP Inggris 2018 Dibatalkan


SILVERSTONE (DP) – Minggu (26/8) kemarin menjadi pekan yang buruk bagi para pebalap serta MotoGP mania sedunia. Ajang balap yang sudah di depan mata, gagal berlangsung karena deraan hujan bervolume tinggi.

Setelah beberapa kali terjadi penundaan dikarenakan hujan deras yang mengguyur terus-menerus selama hari minggu, penyelenggara MotoGP tidak punya pilihan selain membatalkan semua balapan di tiga kelas, MotoGP, Moto2 dan Moto3. 

Sejumlah tim sempat dibuat gundah oleh situasi yang tak menentu ini. Aprilia Racing Team Gresini, Federal Oil Gresini Moto2 Team dan Team Delconca Gresini Moto3 misalnya. 

Pihak Respiro yang kebetulan berpatner dengan tim ini sebagai penyedia apparel mengungkapkan, para pebalap dan tim sempat menunggu lama dalam ketidakpastian di garasi team. Mereka akhirnya mendapati keputusan pembatalan balapan tersebut.

 

Berikut 4 Alasan Pembatalan MotoGP:

01. Hujan Tiada henti

Pembatalan menurut direktur balapan adalah karenahujan deras yang merata.

Baca juga:  Astra Financial Siap Jadi Gerbang Utama Pembiayaan di Surabaya

02. Pengurasan Aspal

Hujan deras menghasilkan debit air tinggi terakumulasi dengan terjadinya sedikit pengurasan aspal baru.

03. Air penuhi titik pengereman

Adanya genangan air yang tidak mengalir di beberapa sektor sirkuit yang merupakan titik pengereman, sehingga cenderung membahayakan para pebalap.

04. Sebabkan Kecelakaan

Sehari sebelumnya pada saat sesi kualifikasi dengan kondisi hujan yang intensitasnya lebih sedang, genangan air di sektor menjelang tikungan sirkuit Silverstone menyebabkan beberapa pebalap kehilangan daya cengkram ban saaat pengereman dan terjatuh.

Korbannya adalah Tito Rabat yang sudah terjatuh mengalami insiden terlanggar motor Franco Morbidelli yang terhempas setelahnya. Tito harus dirawat secara intensif karena menderita patah tulang kaki kanan.

Melihat situasi sulit di hari Minggu, ada usulan dari sebagian pebalap untuk mengundurkan balapan ke hari Senin. Namun pihak penyelenggara setelah melakukan analisa beberapa faktor termasuk prakiraan cuaca di hari Senin dan kondisi aspal sirkuit tetap memutuskan bahwa balapan di seri Silverstone dibatalkan demi keselamatan. 

Tanpa perolehan poin yang bisa diperebutkan di ketiga kelas tersebut, Kejuaraan Dunia MotoGP akan kembali beraksi di Misano dalam waktu dua minggu ke depan. [dp/ARH]

Baca juga:  Pertamina 'Siaga Satu' Hadapi Natal dan Tahun Baru 2019