Keren, Lexus ES 2019 Jadi Mobil Pertama Pakai Spion Digital | dapurpacu.id

Keren, Lexus ES 2019 Jadi Mobil Pertama Pakai Spion Digital


TOKYO (DP) – Digitalisasi pada kendaraan terus dilakukan oleh sejumlah pabrikan mobil di seluruh dunia demi memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya. Lexus termasuk pabrikan yang rajin menerapkan teknologi terkini pada jajaran model kendaraannya, dan yang terbaru adalah spion digital yang akan dirilis bulan depan.

Sedan Lexus ES model 2019 akan menjadi mobil pertama di dunia yang akan menggunakan spion digital dan mulai dipasarkan di Jepang pada Oktober mendatang.

Namun demikian, spion digital pada Lexus ES ini masih sebatas opsional. Artinya, tak semua model ES memiliki spion digital. Selain itu, negara pertama yang akan mendapatkan ES 2019 dengan spion digital adalah Jepang. Untuk negara di luar Jepang akan menyusul kemudian, demikian penjelasan Lexus dalam pernyataan resminya medio pekan ini.

Spion digital pada Lexus ES ini menggunakan kamera yang ditempatkan pada rumah spion layaknya spion konvensional. Bedanya, rumah spion luar ini berukuran jauh lebih ramping ketimbang spion biasa. Hasil bidikan kamera pada rumah spion luar itu ditampilkan pada layar berukuran 5 inci yang ditempatkan di ujung dashboard di kanan dan kiri.

Keberadaan layar di dalam kabin yang dekat dengan pengemudi itu membuat mata pengemudi tidak melirik terlalu jauh untuk melihat situasi di belakang kendaraan. Dengan begitu, konsentrasi pengemudi tidak terganggu karena harus menengok spion di luar pada spion konvensional.

Keuntungan lain dari spion digital ini adalah berkurangnya suara angin ketika mobil melaju karena rumah spion jauh lebih pipih. Tak hanya itu, ketika turun hujan atau salju yang kerap mengurangi pandangan pada spion konvensional, hal itu tak akan terjadi lagi pada spion digital, karena gambar tetap jelas dan layar diletakkan di dalam kabin kendaraan.

Untuk teknologi ini, Lexus sepertinya jawaranya untuk pasar Jepang, tapi untuk pasar global, mungkin Lexus akan didahului oleh Audi. Pabrikan asal Jerman ini sudah berjanji akan membawa teknologi seperti ini ke pasar melalui model crossover listrik E-Tron.

Teknologi milik Audi ini juga terlihat lebih terintegrasi ketimbang punya Lexus. Tapi Lexus memilih model spion digital yang dibenamkan pada ES karena lebih pas untuk kendaraan yang beredar sekarang, kecuali untuk model kendaraan masa depan, desainnya pasti akan disesuaikan.

Sejauh ini Lexus belum mengumumkan model apa saja yang akan mendapatkan teknologi spion digital tersebut. Kita tunggu saja! [dp/TGH]