Selamat Datang Subaru XV 2019 Bermesin Hybrid!


TOKYO (DP) – Subaru melakukan terobosan baru dengan memperkenalkan model crossover XV dengan opsi mesin hybrid di pasar Jepang. Ditawarkan eksklusif dan masuk dalam varian anyar “Advance”, mesin hybrid ini sama dengan yang dipakai Forester e-Boxer.

Dapur pacu anyar itu terdiri dari mesin 4 silinder 2.0 liter horizontal bertenaga 145 PS (143 hp) dan torsi 188 Nm (139 lb-ft). Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi Lineartronic CVT dan sistem penggerak Symmetrical AWD. Untuk motor listriknya berkapasitas 10-kW (13,6 PS) yang menghasilkan torsi 65 Nm (48 lb-ft).

Menurut Subaru, seperti dilansir Nikkei, motor listrik tersebut membantu XV lebih nyaman dikemudikan dengan akselerasi lebih lembut serta mendongkrak performa. XV anyar ini diklaim lebih nyaman dikendarai untuk harian, terutama untuk daerah perkotaan.

Tak hanya itu, XV model 2019 ini juga lebih irit bahan bakar. Berdasarkan pengujian, XV e-Boxer memiliki efisiensi 19,2 km/L.

Baca juga:  'Anak Asuh' Bridgestone Indonesia Kembali ke Habitat Aslinya

Tapi sayang, mesin anyar ini hanya tersedia untuk tipe “Advance”, yang merupakan varian tertinggi. Varian ini memiliki warna eksterior eksklusif Lagoon Blue Pearl, yang berpadu manis dengan sejumlah panel di interiornya.

Tampilan XV 2019 lebih keren berkat lampu utama dan lampu kabut LED, kemudian trim eksterior silver, dan layar TFT berukuran lebih besar dibandingkan model lawas.

Jika di Jepang XV dibekali mesin e-Boxer, tidak demikian untuk model Crosstrek yang dipasarkan di Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam itu, Subaru sudah memperkenalkan Crosstrek versi plug-in hybrid, yang akan dipasarkan akhir tahun ini. Teknologi itu sendiri dipinjam dari Toyota Prius Prime.

Subaru sudah membuka pre-order untuk XV e-Boxer, dan kemungkinan baru dipasarkan di Eropa dan Australia mulai tahun depan. [dp/TGH]