ROA X Country, Menikmati Kekayaan Alam, Budaya dan Kuliner Sumatera


JAKARTA (DP) – ‘Gak pernah kapok!’. Bisa jadi ungkapan ini yang mencuat dari mulut para pemilik SUV berbagai model di Indonesia. Usai menuntaskan ekspedisi menelusuri pesisir utara dan selatan Pulau Jawa dalam kegiatan Ring of Java (ROJ) X Country, petualangan pun kembali dilanjutkan menelusuri seluruh wilayah di Tanah Air.

Kali ini mereka tengah menjelajahi Pulau Sumatera bagian barat dan selatan dengan tajuk Ring of Andalas X Country (ROA Cross Country). Perjalanan ini telah dimulai sejak 14 September lalu dan dijadwalkan berakhir pada 22 September nanti.

Total tempuh yang bakal dilewat sekitar 3.500 km selama 10 hari. Peter Anugerah kembali menakhodai ekspedisi itu, yang kali ini tidak hanya melibatkan produk SUV milik Mercedes-Benz saja.

Belasan SUV yang turut ambil bagian meliputi Jeep Cherokee, Land Rover Discovery, Mitsubishi Pajero Sport, Mercedes-Benz G-Class, dan Toyota Land Cruiser. Juga ada Toyota Hiace dan VW Kombi dalam rombongan.

Baca juga:  Muncul Gambar Toyota Land Cruiser 2020, Kok Mirip Range Rover?

“Antusiasme peserta tinggi. Kami berkumpul di rest area Karang Tengah, Tangerang, dan kemudian memulai perjalanan. Belasan mobil akan berpartisipasi dalam ROA X Country,” kata Peter, dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/9).

Peter mengaku bahwa perjalanan ini tidak sekadar turing dan menikmati keindahan alam yang ada di Pulau Andalas tersebut. Terdapat misi lain yaitu memperkenalkan potensi eco wisata, budaya, dan kuliner di daerah-daerah yang dikunjungi, khususnya di daerah Barat dan Selatan Pulau Sumatera.

Adapun daerah-daerah yang dilewati diantaranya Lampung, Palembang, Jambi, Bukit tinggi, dan juga Bengkulu. Tantangan pada perjalanan kali ini, lanjut Peter, berbeda dengan ekspedisi sebelumnya. Seperti jalur Gunung Kerinci – Painan dengan kondisi light off-road di daerah Mandeh, Sumatera Barat.

“Selain itu, kami juga akan mengunjungi tambang batu bara terbesar di Muara Bango, Jambi. Sudah tentu perjalanan ini akan sangat menarik dan mengharuskan mobil dan pengemudi dalam kondisi prima,” tutur pria yang mengendarai G-Class ini.

Baca juga:  Ban NASCAR Ini Ada Ukiran Nama Pekerjanya

Destinasi utama ROA X Country adalah Taman Nasional Way Kambas, Danau Ranau, Pesisir Pantai Timur Sumatera, Gunung Kerinci, Puncak Mandeh, Danau Maninjau, Ngarai Sianok, Jam Gadang, Kelok 9, Danau Singkarak, Tambang Batu Bara, dan Candi Muaro Jambi.

“Selain itu, kami berencana akan melakukan bakti sosial bersama anak yatim di Muara Bungo, Jambi,” jelas Peter lebih lanjut.

Pulau Sumatera juga dikenal memiliki ragam kuliner yang sangat khas. Seperti ROJ X Country, maka ROA X Country juga akan menyantap makanan khas dari setiap daerah yang dikunjungi.

Bila melihat schedule yang direncanakan, saat ini rombongan tengah berada di perjalanan dari Bengkulu menuju Gunung Kerinci, dengan jarak tempuh sekitar 415 km selama dua hari.

Rute selanjutnya (19/9) yaitu Kerinci – Painan, lalu menuju Danau maninjau – Bukit Tinggi sejauh 212 km (20/9). Keesokan harinya, Jumat (21/9), perjalanan dilanjutkan dari Bukit Tinggi – Ngarai Sianok – Kelok 9 – Danau Singkarak dan ke Muara Bungo, dengan jarak tempuh mencapai 345 km.

Baca juga:  Akankah Mitsubishi Pajero Sport Anyar Sekeren Ini?

Titik akhir perjalanan dimulai dari Muara Bungo, Jambi menuju wisata Candi Muara Bungo sejauh 262 km. [dp/MTH]