Mau Tahu Mobil Impian Bos Besar Toyota?


TOKYO (DP) – Akio Toyoda, bos besar Toyota, dikenal memiliki selera tinggi soal mobil. Ia diketahui penyuka mobil sport dan bahkan jago dalam kebut-kebutan. Tapi soal mobil impiannya, ternyata jauh dari yang kita bayangkan.

Kita tahu bahwa Toyota belum lama ini sudah merilis sedan saloon mewah Century yang memiliki tampilan jadul dan bergaya aristokrat khas Jepang. Untuk model ini tentu kurang pas bagi Toyoda.

Tapi Toyota punya rumah modifikasi dan tuning yang suka melahirkan versi sporty dari model kendaraan Toyota, yakni GRMN. Sudah banyak model Toyota bergaya sporty plus performa tinggi racikan GRMN, seperti Yaris, Toyota 86, Harrier, Land Cruiser dan lainnya.

Nah, ketika GRMN menyodorkan Century bergaya sporty, Toyoda langsung menyambut gembira seraya menyebut bahwa Century garapan GRMN sebagai mobil impiannya. Tentu saja Century GRMN lebih pas bagi Toyoda yang sangat menyukai kendaraan model beraura sporty.

Baca juga:  Ferris Wheel 'Milik' Mitsubishi Xpander Hebohkan Kota Palembang

Memang belum resmi diperkenalkan, tapi di media sosial, khususnya Twitter, tertayang beberapa foto yang menampakkan bagian belakang dan depan Century GRMN. Pada bagan depan, Century GRMN memiliki bumper berdesain anyar, air intake berukuran besar dan velg yang lebih sporty. Jaring-jaring pada gril berkelir hitam semakin menampakkan kegagahan mobil ini, ditambah lagi dengan keberadaan logo GRMN, aura sporty semakin terasa.

Bergeser ke tengah, Anda akan melihat rumah spion berkelir hitam dan side skirt beraura sporty. Model ini juga dilengkapi spoiler belakang kecil yang ditempatkan di ujung tutup bagasi dan juga rear diffuser.

Meski kedengarannya aneh, tapi Century GRMN ini boleh disandingkan dengan Rolls-Royce Phantom hasil garapan BMW M. Menurut laporan Carsensor, Toyota telah membangun satu unit prototipe Century GR khusus untuk Presiden Toyota, Akio Toyoda.

Model ini sangat berbeda dengan prototipe Century GR yang pernah diperkenalkan, dan itu bisa saja terjadi karena setelah diproduksi, Century ini tak lagi menggunakan embel-embel GR, melainkan GRMN.

Baca juga:  Menyimak Cara Toyota Muliakan Peserta Olimpiade Tokyo 2020 (3)

Belum tahu bagaimana spesifikasi dan ubahan yang dilakukan GRMN pada Century ini. Tapi untuk versi standarnya, Century menggendong mesin 5.0-liter V8 bertenaga 376 hp (280 kW / 381) dan torsi 376 lb-ft (510 Nm). Mesin itu ditopang oleh motor listrik bertenaga 221 hp (165 kW / 224 PS) dan torsi 221 lb-ft (300 Nm). Dengan gabungan itu, Century memiliki tenaga total 425 hp (317 kW / 431 PS). [dp/TGH]