UD Truck Kuzer Bidik Pasar Truk Ringan di Jawa Timur


SURABAYA (DP) – Unit andalan UD Truck (Nissan Diesel) Kuzer resmi menyapa masyarakat di Surabaya, Jawa Timur. Dengan diperkenalkannya produk truk kelas ringan ini, menjadi komitmen Astra UD Trucks untuk serius bermain disegmen tersebut di Tanah Air.

Winarto Martono, COO Astra UD Trucks mengatakan pihaknya yakin dengan diboyongnya Kuzer ke wilayah timur Jawa merupakan waktu yang tepat. Sebab, lanjut Winarto, saat ini kebutuhan transportasi angkut di sana tumbuh terutama disegmen truk ringan.

“Hal ini merupakan partisipasi Astra UD Trucks dalam pembangunan infrastruktur dan bisnis logistik di Jawa Timur, yang diharapkan akan mengarah pada kenaikan laju pertumbuhan ekonomi,” kata Winarto, dalam siaran resminya.

Sebagai informasi, truk ringan berkapasitas GVW 5-10 ton merupakan segmen pasar terbesar di Indonesia saat ini. Data semester I 2018 menunjukan 61% dari total pasar truk dikuasai oleh truk kelas ringan.

Sementara di Jawa Timur juga menunjukkan peningkatan sebesar 32% pada pasar segmen truk secara total pada periode tersebut, sedangkan pasar truk ringan melonjak 17% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

“Kami juga berupaya setiap inovasi yang kami lakukan baik produk maupun layanan purna jual dikembangkan berdasarkan kemampuan dalam melayani total kebutuhan pelanggan di Jawa Timur,” tambahnya.

Disisi lain, Kepala Cabang Surabaya Waru Raindy Octaliandi mengakui dengan mulai dipasarkannya Kuzer di Jawa Timur, pihaknya akan membidik sektor infrastruktur dan logistik sebagai target pasarnya.

“Kuzer sudah melalui berbagai macam tes di Indonesia, termasuk pengecekan kualitas yang dilakukan langsung oleh UD Trucks Jepang. Kami optimis Kuzer akan terjual 300 unit di tahun 2018,” sambung Raindy.

Berbagai layanan purna jual siap ‘mengawal’ kehadiran Kuzer di area ini, mulai dari ketersediaan suku cadang asli dan berkualitas, mekanik yang handal serta dukungan layanan purna jual yang terintegrasi di seluruh jaringan bisnis Astra UD Trucks di Indonesia.

UD Trucks selaku APM dan Astra sebagai distributor sudah dan akan terus membangun sistem digitalnya, sehingga memungkinkan pelanggan untuk memantau dan meningkatkan optimalisasi produktifitas produk Kuzer.

Kombinasi sistem Single ID Customer, Vehicle Operational Service Planning, dan Telematics, serta tim Fleet Operation Support juga siap mendukung operasi pelanggan.

“Selain itu juga ada 24H Technical Assistance dan Driver Training, memungkinkan kami memonitor kendaraan pelanggan untuk mencapai produktivitas dan efisien operasional maksimal. Hal ini yang membedakan kami dalam memberikan nilai tambah,” pungkas Raindy. [dp/MTH]