Peugeot e-Legend Buat yang Kangen Peugeot 504


PARIS (DP) – Mobil konsep Peugeot e-Legend siap mengundang perhatian dengan tampilan gabungan antara gaya retro klasik dengan teknologi terkini. Konsep ini juga untuk mengajak para baby boomer untuk bernostalgia dengan model lawas Peugeot 504.

Dijadwalkan debut di ajang Paris Motor Show pada Oktober mendatang, Peugeot e-Legend memiliki gaya yang terinspirasi dari kupe klasik 504 dan ada sentuhan futuristik dengan dimensi mirip Nissan GT-R. Peugeot 504 termasuk salah satu model seksi di era 1970-an dan menjadi model andalan pabrikan Perancis itu di pasar global. Model itu juga pernah beredar di Indonesia dengan model sedan.

Di balik gaya neo-retro, e-Legend mengusung motor listrik dan baterai untuk memberikan tenaga sebesar 456 horsepower (340 kW) dan torsi 590 lb-ft (800 Nm).

Ditopang baterai berkapasitas 100 kWh, e-Legend mampu sprint hingga kecepatan 100 km/jam di bawah empat detik, dengan kecepatan puncak 220 km/jam. Untuk daya jelajahnya bisa mencapai 373 mil (600 km) dengan sekali mengisi daya baterai hingga penuh. Hebatnya, dengan hanya mengisi baterai selama 25 menit, e-Legend sudah mampu melaju sejauh 311 mil (500 km).

Baca juga:  Ada Rival Nissan GT-R Versi Murah dari Daihatsu

“Peugeot e-Legend Concept bukan sebatas manifesto teknologi,” kata CEO Peugeot, Jean-Philippe Imparato. “Ini merupakan visi dari merek kami, Peugeot, yang aktif untuk fokus pada masa depan yang optimistis dan menarik. Bagi Peugeot, mobil otonom dan listrik sinonim dengan sensasi yang kuat. Model membosankan tak ada dalam DNA kami.”

Mobil konsep ini juga dirancang untuk bisa melaju secara otonom, yang dilengkapi mode Soft untuk pengemudian santai dan Sharp untuk yang doyan ngebut, atau mode Legend dengan melibatkan pengemudi atau juga mode Boost yang mendambakan pengalaman berkendara yang penuh semangat.

Peugeot juga bermitra dengan Soundhound untuk menerapkan teknologi personal assistant yang diaktifkan dengan suara, dan Focal untuk sistem audio di dalam kabin yang menyesuaikan dengan mode pengemudian yang dipilih. [dp/TGH]