Begini Lho Tampang Mobil Playboy Sesungguhnya


NEW YORK (DP) – Mungkin yang Anda bayangkan tentang mobil playboy itu sebuah supercar, mobil sport, limosin atau SUV bongsor. Padahal mobil playboy sesungguhnya jauh dari yang Anda bayangkan.

Mobil playboy yang sebenarnya berupa model convertible berukuran kecil dengan tampang yang sebenarnya tidak seksi sama sekali, atau boleh dibilang culun.

Kenapa mobil ini disebut mobil playboy? Itu karena nama lengkapnya adalah Playboy A48 model 1948. Alasan lainnya, nama mobil ini menjadi inspirasi Hugh Hefner membangun kerajaan bisnis hiburannya dengan nama Playboy, termasuk majalah Playboy yang digandrungi kaum Adam di masa jayanya.

Playboy A48 sendiri adalah merek mobil Amerika yang kurang terkenal, yang dibangun secara keroyokan antara dealer mobil Packard, seorang pemilik service-station kendaraan dan seorang insinyur Pontiac. Model tersebut hanya dibuat kurang dari 100 unit, dan salah satunya ditawarkan melalui lelang saat ini.

Baca juga:  Para Rival Makin 'Gerogoti' Bisnis Otomotif Astra

Model pertama Playboy debut di Buffalo, New York, pada 1946, dengan mesin belakang, sebelum kemudian beralih menjadi mesin depan dan juga dengan atap bisa dilipat (retractable).

Perusahaan patungan itu mengalami kebangkrutan pada era 1950-an, dan unit mobil yang belum terjual kemudian dipasarkan oleh distributor di Connecticut, Alvin Trumbull.

Menurut cerita, Hugh Hefner muda jatuh cinta dengan salah satu model Playboy A48, dan kemudian meminjam nama mobil tersebut untuk membangun bisnis hiburan yang kelak melambungkan namanya.

Untuk unit Playboy yang ada di foto (atas), adalah salah satu dari model terakhir yang dibuat. Mobil itu sudah lama dimiliki oleh pemiliknya sekarang yang tinggal di Florida sejak 1960-an. Mobil Playboy itu baru saja direstorasi dan dicat ulang dengan kelir two-tone Seafoam Green dan putih.

Pemilik tersebut kini telah memberikan mandat kepada rumah lelang RM Sotheby untuk dijual pada acara lelang yang dihelat di Pennsylvania sekitar medio Oktober mendatang. [dp/TGH]