Multistrada Berharap Menggelinding Kian Cepat


JAKARTA (DP) – Produsen ban nasional, PT Multistrada Arah Sarana Tbk masih optimistis penjualan produk bannya akan terus meningkat hingga akhir tahun seiring dengan menggeliatnya bisnis kendaraan bermotor nasional.

“Volume penjualan ban di dalam negeri masih terdorong oleh segmen bisnis ban sepeda motor. Sedangkan segmen bisnis roda empat menopang penjualan ekspor,” kata Direktur PT Multistrada Arah Sarana Tbk, Uthan Muhammad Arief Sadikin, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta medio pekan ini.

Di dalam negeri, menurut Uthan, penjualan ban merek Corsa bertumbuh 20%.

“Sedangkan penjualan ekspor didorong oleh permintaan dari pasar Amerika Serikat dan Eropa,” papar dia.

Perusahaan dengan kode emiten MASA mencatat, kontribusi pendapatan terbesar masih berasal dari pasar ekspor, yakni mencapai 65% hingga 70% dari total penjualan. AS menjadi pasar terbesar, diikuti pasar Asia, Timur Tengah, Eropa, Australia dan Afrika, sedangkan sisanya dari pasar domestik sebesar 35%.

Baca juga:  Perubahan Besar-besaran Corsa Jelang Tutup Tahun

“Penjualan ban sepeda motor merek Corsa masih diminati karena menjadi salah satu branding klub sepakbola nasional seperti Bali United. Bahkan, merek Corsa memiliki produk baru sebagai ban replacement (pengganti), misalnya untuk ban Yamaha NMAX,” ujar Uthan.

Untuk penjualan ban roda empat di pasar domestik terdorong oleh strategi MASA yang sudah mulai memasok ban untuk pabrikan atau ban original equipment manufacturer (OEM). Misalnya, pada tahun ini MASA sudah menyuplai ban untuk model Honda Brio dan ditargetkan tahun depan menyuplai ban ke Mitsubishi Xpander. [dp/TGH]