Piaggio Buka Pre-Order Online Untuk Vespa Elettrica


TURIN (DP) – Pabrikan skuter asal Italia, Piaggio, pekan ini sudah membuka pra pemesanan (pre-order) secara online untuk skuter listrik Vespa Elettrica. Untuk pasar Eropa dihargai 6.390 euro ($7.350) atau sekitar Rp112 jutaan.

Adapun pengiriman unit Vespa Elettrica kepada konsumen baru akan dilakukan pada akhir tahun ini. Sedangkan konsumen di Amerika Serikat kemungkinan baru bisa mencicipi skuter listrik itu pada awal 2019. Tak dijelaskan, pasar mana saja yang akan disasar Vespa Elettrica setelah diluncurkan di Eropa dan Amerika.

Dengan berbekal motor listrik berkapasitas 4 kilowatt, Anda tak bisa terlalu berharap banyak pada skuter ini, karena ‘rasanya’ mirip mirip dengan skuter berkapasitas mesin 50cc, meski Piaggio menjanjikan hill start dan akselerasi lebih baik pada Elettrica.

Skuter tanpa bahan bakar minyak ini memiliki daya jelajah maksimum sejauh 62 mil (100 km), dengan memanfaatkan baterai modern jenis lithium-ion dan ditopang oleh kinetic energy recovery system yang dapat mengisi ulang daya baterai selama deselerasi.

Baca juga:  Mengintip Garangnya Piaggio Roda 3 Terbaru

Pengisian daya baterai dilakukan dengan menghubungkan kabel di bawah sadel ke soket listrik biasa atau di stasiun pengisian baterai, dengan lama pengisian baterai butuh waktu kurang dari 4 jam.

Piaggio memperkenalkan desain konsep Elettrica dua tahun lalu, meski pengiriman mundur setahun dari yang direncanakan. [dp/TGH]