Bikin Divisi Baru, Toyota Siap 'Menyengat' di Segmen Mobil Listrik | dapurpacu.id

Bikin Divisi Baru, Toyota Siap ‘Menyengat’ di Segmen Mobil Listrik


TOKYO (DP) – Toyota selama ini terkesan kurang serius terhadap kendaraan listrik. Tapi perubahan peta persaingan di segmen mobil ramah lingkungan membuat sang raksasa otomotif dunia ini terbangun dari ‘tidurnya’, dan mereka pun siap bertarung.

Tentunya Toyota ingin mengulang sukses seperti yang mereka cicipi di sektor kendaraan hybrid. Untuk itu, Toyota telah membentuk divisi bsru yang fokus pada pengembangan kendaraan listrik.

Suratkabar Jepang, The Mainichi, melaporkan akhir pekan lalu bahwa Toyota telah membentuk divisi riset dan pengembangan khusus untuk mobil listrik bernama Toyota ZEV Factory.

Pembentukan divisi R&D ini dimaksudkan untuk mempercepat pengembangan dan produksi mobil tanpa emisi. Toyota akan menugaskan 200 insinyur untuk memulai pengembangan, pembuatan sukucadang dan persiapan produksi massal mobil listrik murni dan mobil fuel-cell.

Shigeki Terashi, yang menjabat sebagai executive vice president Toyota di bidang riset dan pengembangan teknologi terkini, akan memimpin divisi anyar ini.

Divisi terbaru ini juga merupakan ekspansi besar Toyota dari tim perencanaan kendaraan  listrik yang dibentuk pada 2016.

Adapun Toyota saat ini tengah menyiapkan untuk memulai produksi massal mobil listrik pada 2020, dan kabarnya mobil listrik Toyota akan menggunakan baterai jenis solid-state paling cepat pada 2022. Baterai solid-state dinilai memiliki daya jelajah lebih jauh ketimbang baterai lithium-ion, meski biayanya lebih tinggi untuk saat ini.

Toyota juga mengumumkan akan mengembangkan mobil listrik bersama Mazda. Bahkan kedua pabrikan otomotif Jepang itu sudah membangun pabrik bersama di Amerika Serikat dan akan mulai beroperasi pada 2021 mendatang. [dp/TGH]