Mengintip Kiat Cerdik Daihatsu Genjot Penjualan | dapurpacu.id

Mengintip Kiat Cerdik Daihatsu Genjot Penjualan


TANGERANG SELATAN (DP) – Menjelang tutup tahun, setiap pabrikan mobil tentu memiliki kiat tersendiri untuk mengurangi stok kendaraan. Pun demikian dengan Daihatsu yang mengajak konsumen untuk menukarkan mobil lama dengan mobil baru.

Dikemas dalam program bertajuk ‘Daihatsu Festival & Trade In Day’, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berharap dapat mendulang penjualan secara signifikan sebelum memasuki 2019.

Program tukar tambah ini digelar serentak di semua diler di wilayah Jabodetabek dan Karawang yang ada di bawah naungan Astra International.

“Kuartal terakhir tahun ini, waktunya sempit, hanya 2,5 bulan saja. Mengingat ada libur akhir tahun, semua brand kayaknya akan all out,” kata Marketing & CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso, pada acara program Daihatsu Festival di Serpong, Sabtu (20/10).

Hendrayadi menilai, rasanya tidak salah jika Daihatsu mulai melakukan aktivitas penjualan yang agresif, yang dimulai dari kawasan Jabodetabeka dulu.

Baca juga:  Suzuki Perpanjang Program Extra Cashback Auto Value

“Khusus hari Sabtu (20/10) dan wilayah Jabodetabeka, konsumen yang melakukan trade in mobil lamanya dengan mobil Daihatsu baru, akan mendapatkan potongan harga tambahan lagi. Untuk program mobil yang akan ditukar sendiri, kami menerima merek mobil lain, yang nantinya akan ditaksir harganya untuk kemudian bisa menjadi uang muka untuk pembelian unit mobil Daihatsu baru,” papar dia.

Tidak menutup kemungkinan untuk ke depannya program ini diberlakukan di beberapa daerah lainnya sebelum tutup tahun ini. Program seperti ini adalah salah satu upaya mereka untuk mengejar target penjualan di akhir tahun.

“Target kita untuk tahun ini bukan berdasar jumlah unit, tapi kita minimal 16% dari market otomotif nasional,” ujarnya.

Ada beberapa model yang menjadi andalan ADM menyumbang penjualan besar, seperti Gran Max, Gran Max pick up, All New Terios dan juga Xenia serta Sigra.

Baca juga:  Daihatsu Catat Peningkatan Penjualan Lewat Even ini

Pihak Daihatsu sendiri memperkirakan pasar otomotif lokal sampai akhir tahun bisa menyentuh angka penjualan 1,16 juta unit. Ini artinya ada sekitar 185,6 ribu unit penjualan mobil baru yang dikejar Daihatsu.

Berdasarkan data dari Daihatsu, periode Januari hingga September 2018, mencatatkan angka wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) sekitar 147,5 ribu unit. [dp/TGH]