Wahana Sadarkan Anak Motor Soal Modifikasi


JAKARTA (DP) – Dengan alasan ingin tampil beda, membuat para pemilik sepeda motor rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mengubah tampilan tunggangan mereka.

Bagi kalangan anak motor, sepeda motor sudah menjadi gaya hidup, bukan lagi sekadar sarana transportasi. Atas alasan itulah mereka melakukan berbagai cara, mulai dari modifikasi ringan hingga mengubah total tampilan tunggangan mereka agar bisa menjadi pusat perhatian.

Melakukan ubahan radikal pada kendaraan, termasuk sepeda motor, bukanlah hal yang diharamkan asalkan tetap memperhatikan aspek keselamatan.

Bagi sebagian orang, mungkin menambahkan stiker atau pun penggantian warna sudah cukup agar tampilan motor mereka berbeda dari versi standar. Tetapi, modifikasi terus berkembang cepat, dengan mengubah bagian lain dari kendaraan, seperti ban, posisi riding, dan lainnya.

Namun demikian, Tim Safety Riding Promotion Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS), menyarankan agar modifikasi jangan sampai menghilangkan aspek keamanan dalam berkendara.

Baca juga:  All New PCX Jadi ‘Buruan’ Konsumen di Jakarta Fair

“Modifikasi kini semakin gencar dan berubah cepat. Namun dengan semangat cari aman, untuk motor yang masih digunakan harian agar memperhitungkan sisi keamanan dan kenyamanan ketika memutuskan melakukan modifikasi,” papar Head of Safety Riding Wahana, Agus Sani.

Agus menjelaskan, bagian vital seperti rem, handling, dan ban perlu mendapatkan perhatian lebih ketika melakukan modifikasi. Tidak hanya pertimbangan ‘gaya’ dan tampilan di jalan, namun dipastikan semuanya dapat berjalan maksimal seperti standar pabrik.

Dalam upaya menebar pemahaman tersebut, pada gelaran Premium Matic Day yang digelar di Mall Tangcity, Tangerang, belum lama ini, para anggota komunitas yang hadir mendapatkan pencerahan seputar modifikasi langsung oleh peserta yang ikut dalam kontes Honda Modif Contest 2018. Acara tersebut dihadiri 100 anggota komunitas yang berasal dari Vario 150 Owner Community (VOTE) Tangerang, Honda Vario Club (HVC) Tangerang, Ciputat Vario Club (CVC), Vario Original Club (VOC) Tangerang, Vario Club Tangerang (Vacta) dan Honda BeAT Club (HBC) Tangerang.

Baca juga:  Kolaborasi Modifikasi Teknologi dan Tradisional di CustoMAXI Bali

“Tidak hanya inspirasi modifikasi, pada kegiatan ini kami ingatkan untuk memperhatikan faktor kenyamanan dan keamanan ketika memilih modifikasi,” ucap PIC Community Development Wahana, Agus Sigit.

Dengan pemahaman dan masukan ini, ucapnya, diharapkan anggota komunitas bisa melakukan modifikasi yang baik dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang optimal.

Honda Premium Matic Day merupakan kegiatan yang dihelat Wahana dalam rangka mendekatkan konsumen dengan jajaran produk premium Honda, seperti All New Honda PCX, All New Honda PCX Hybrid, dan Honda All New Honda Vario.

Pada setiap kegiatan, tidak jarang komunitas diajak terlibat untuk menghadirkan kegiatan positif. Kehadiran komunitas pada kegiatan itu juga bertujuan untuk mengenalkan kegiatan komunitas kepada masyarakat luas, khususnya terkait beragam aktivitas positif yang ditiru. [dp/TGH]