JAKARTA (DP) – Hingga memasuki September 2018, penjualan lini produk Daihatsu masih memperlihatkan konsistensinya. Dari sejumlah unit yang dijual baik secara retail maupun wholesales, Terios terus menunjukkan arah yang positif dibanding periode yang sama tahun lalu.
Sepanjang Januari – September lalu, low SUV ini mampu mengumpulkan angka 21.135 unit untuk penjualan retail, sementara untuk penjualan ke dealer (wholesales) tergapai sebanyak 21.497 unit.
Sementara untuk tiga penyumbang terbesar hingga September 2018 masih digenggam oleh Sigra, Gran Max PU dan Xenia, yang terbilang belum kembali ke performa sebenarnya.
Secara retail, Sigra berhasil mengumpulkan penjualan total 35.685 unit, Gran Max PU sebanyak 30.445 unit dan Xenia 23.809 unit, yang mengalami penurunan dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 26.390 unit.
Setelah Terios, disusul berturut-turut Ayla dengan kontribusi 17.812 unit dan Gran Max MB sebanyak 11.662 unit. Sedangkan line-up Daihatsu lain seperti Luxio, Sirion dan Hi-Max mampu meraih 4.168 unit.
Total retail sales Daihatsu mencapai 144.716 unit. Dengan volume pasar retail nasional mencapai 851.430 unit, atau tumbuh sekitar 10% dibanding periode yang sama 2017, Daihatsu meraih pangsa pasar sebesar 17%.
Dari sisi wholesales tak jauh berbeda, dimana Sigra masih memimpin dengan 37.365 unit, Gran Max PU sebesar 30.845 unit dan Xenia 22.053 unit.
Kemudian Ayla 20.104 unit, dan Gran Max MB sebanyak 11.683 unit. Untuk kelompok lainnya yakni Luxio, Sirion, dan Hi-Max hanya berkontribusi 3.966 unit.
Dengan total wholesales mencapai 147.513 unit, Daihatsu berhasil meraih pangsa pasar nasional sebesar 17,2% dari perolehan wholesales secara nasional sebanyak 856.439 unit, atau tumbuh sekitar 7% dibanding periode yang sama tahun 2017.
Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor mengaku bersyukur dengan pencapaian penjualan lini produknya hingga September lalu.
“Ditengah minimnya pertumbuhan beberapa pemain besar otomotif nasional, Daihatsu berhasil merawat kepercayaan masyarakat. Kami terus berupaya menyeimbangkan volume demand & supply serta berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik kepada pelanggan Daihatsu,” pungkasnya. [dp/MTH]