Bagi Toyota, Avanza Tetap Tidak Ada Lawan

Penampilan Toyota Avanza di GIIAS 2018 dengan balutan adventure.

JAKARTA (DP) – Kendati tidak lagi menduduki peringkat tertinggi penjualan MPV di Tanah Air, namun Avanza tetap menjadi primadona bagi Toyota Astra Motor (TAM). Terbukti, sepanjang September 2018, mobil sejuta umat ini masih menjadi penyumbang terbesar, mengalahkan Kijang Innova. 

Tim PR Toyota Astra Motor (TAM) merilis, selama September kemarin, penjualan Toyota Avanza mencapai 6.151 unit atau berkontribusi sekitar 34,6% dari total MPV, disusul Kijang Innova yang berkontribusi 29,1%.

Selain kedua model tersebut, di segmen hatchback, penjualan Toyota Agya mencapai 2.437 unit, atau berkontribusi sekitar 87,4% dari total penjualan hatchback Toyota lainnya.

“Di segmen entry hatchback kelas 1.200 cc, market share Agya mencapai lebih dari 61%. Ini menunjukkan minat pelanggan terhadap Agya masih sangat besar, khususnya di segmen 1.200 cc,” kata Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto dalam keterangan persnya, Rabu (24/10).

Baca juga:  Uniknya, Pesan Kopi di Booth Astra Otoparts

Di segmen SUV, penjualan pada September tercatat 7.929 unit. Dua andalan Toyota di segmen ini yaitu Rush dan Fortuner berhasil meraih kinerja mengesankan seperti terlihat pada peningakatan pangsa pasar. Penjualan Rush pada September mencapai 5.797 unit dan membukukan market share 44,8%.

Fortuner, kata Soerjo mengalami pertumbuhan pangsa yang lebih signifikan. Dengan angka penjualan 2.093 unit, pangsa pasar Fortuner pada September sudah mencapai 42,6%, meningkat dibandingkan bulan sebelumnya 37,4%.

Secara keseluruhan,  Toyota berhasil mencatat penjualan wholesales sebanyak 29.821 unit pada September 2018 lalu. Angka ini merupakan 32% dari pangsa pasar yang meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat 30.5%. Meski demikian secara kuantitas turun karena pada bulan Agustus, wholesales Toyota tercatat 31.149 unit.

“Dalam dua bulan terakhir, konsumen terlihat lebih memperketat pengeluarannya, termasuk untuk pembelian kendaraan. Kami bersyukur, market share Toyota di bulan September ini meningkat menjadi 32%,” pungkas Soerjo. [Dp/GTM]