Lewis Hamilton Juara Dunia Formula 1 2018


MEXICO CITY (DP) – Lewis Hamilton memastikan gelar juara dunia balap Formula Satu untuk kelima kalinya meski hanya mampu finish di posisi keempat dengan mengemas 12 poin di Grand Prix Meksiko, Minggu (28/10).

Namun demikian, raihan poin Hamilton tak mampu lagi terkejar oleh seteru beratnya, yakni pebalap Ferrari asal Jerman, Sebastian Vettel, yang sukses merebut podium kedua, atau mendapatkan tambahan 18 poin.

Bagi Hamilton, keberhasilannya merebut juara dunia di ajang balap jet darat untuk kelima kalinya ini sekaligus menyamai rekor pebalap legendaris Argentina, Juan Manuel Fangio, yang juga pernah menjadi juara dunia lima kali pada era 1950-an.

Kini pebalap Inggris itu berpeluang untuk mengejar rekor yang dimiliki Michael Schumacher sebagai juara dunia Formula Satu sebanyak tujuh kali.

GP Meksiko sendiri dimenangi pebalap tim Red Bull, Max Verstappen, disusul Vettel dan rekan setim Vettel, Kimi Raikkonen, di podium ketiga.

“Saya berterima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya hingga berada di sini dan mengangkat trofi ini,” kata Hamilton, yang seusai lomba menunjukkan jiwa sportivitasnya dengan memeluk Vettel, kemudian mendatangi garasi tim Mercedes untuk menemui timnya.

Sementara itu, bos tim Mercedes, Toto Wolff, memuji performa Hamilton yang menurutnya pantas menjadi juara.

“Ia sudah benar-benar dominan dalam balapan tahun ini,” katanya seperti dikutip Reuters.

Dengan keberhasilan duo pebalap Ferrari menduduki podium, membuat perebutan juara konstruktor semakin seru antara Mercedes dengan tim Kuda Jingkrak. Penentuan juara konstruktor bisa saja terjadi di GP Brazil dua pekan depan. Untuk sementara tim Mercedes masih memimpin klasemen konstruktor. [dp/TGH]