Marc Marquez Batal Pole Position di Sepang, Zarco Terdepan


KUALA LUMPUR (DP) – Sempat dinyatakan sebagai pebalap tercepat sehingga berhak start terdepan, tapi pengawas lomba memutuskan membatalkan raihan waktu Marc Marquez dalam sesi kualifikasi Grand Prix Malaysia, Sabtu (3/11).

Tak hanya itu, pebalap Honda yang juga juara dunia MotoGP musim 2018 itu terkena penalti sehingga harus start dari posisi ketujuh. Sebagai ganti peraih pole position sdalah Johann Zarco dari tim Yamaha Tech3 dan Valentino Rossi di posisi kedua.

Adapun penalti dijatuhkan kepada Marquez karena pebalap Spanyol itu dinilai menghalangi laju pebalap Suzuki, Andrea Iannone.

Insiden itu bermula usai ia terjatuh dan masuk ke pit untuk berganti motor kedua di saat-saat akhir sesi kualifikasi. Ketika Marquez keluar pit, ia dinilai menghalangi laju Iannone di Turn 9.

Dalam sesi latihan bebas hingga kualifikasi Grand Prix Malaysia kali ini diwarnai hujan di Sirkuit Sepang. Hujan mengguyur Sepang pada pertengahan latihan bebas hingga sesi pra kualifikasi keempat (FP4), yang memicu sejumlah pebalap berjatuhan, termasuk Marquez, Maverick Vinales, Jordi Torres dan Karel Abraham. Bahkan Torres tak bisa tampil dalam kualifikasi karena mengalami retak pada tulang jarinya.

Baca juga:  Lorenzo Bakal Duet dengan Marquez Musim 2019

Saat memasuki segmen pertama kualifikasi, hujan turun cukup deras sehingga sempat dikibarkan bendera merah karena lintasan tergenang air dan kondisi itu membahayakan para pebalap. Butuh waktu sekitar satu jam menunggu hujan reda sehingga kualifikasi bisa dilanjutkan.

Sebelum Marquez terkena penalti, Johann Zarco tampil sebagai pebalap tercepat kedua. Penunggang Yamaha Tech 3 itu lebih lambat 0,548 detik dari Marquez. Sedangkan Valentino Rossi berada di posisi ketiga.

Iannone membuntuti Rossi di posisi keempat, dan jagoan Ducati, Andrea Dovizioso, di urutan kelima. Di belakang Dovizioso adalah duo Pramac Ducati, yakni Jack Miller dan Danilo Petrucci.

Pebalap Suzuki, Alex Rins, dan pebalap Nieto Ducati, Alvaro Bautista, berada di urutan kedelapan dan kesembilan. Adapun jagoan tuan rumah, Hafizh Syahrin, akan start dari posisi terakhir, alias ke-23. [dp/TGH]