Total Transaksi IMOS 2018 Tembus Rp51 Miliar

IMOS 2018 berhasil mencatatkan total transaksi hingga lebih dari Rp 51 milyar.

JAKARTA (DP) – ‘Pestanya’ industri kendaraan roda dua, Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 telah berakhir. Cerita kesuksesan pun bermunculan seiring pameran yang digelar selama lima hari itu ditutup pada 4 November lalu.

Selama pameran yang berlangsung dari 31 Oktober tersebut, telah tercatat total transaksi sebanyak 1.332 unit sepeda motor, dengan nilai hampir mencapai Rp52 miliar.

Johannes Loman, Ketua Umum AISI, mengatakan AISI menargetkan IMOS dapat menjadi ajang bagi pelaku industri sepeda motor Indonesia untuk bersama-sama menciptakan pasar otomotif yang sehat dan pelibatan industri pendukung kecil dan menengah di Tanah Air.

“Lewat pameran ini kami berharap tercipta transfer knowledge mengenai perkembangan teknologi terkini sehingga tercipta proses edukasi yang dinamis,” ujar Loman dalam siaran resminya, Rabu (7/11).

Bergabungnya produsen, konsumen dan komunitas dalam ajang ini, lanjutnya, akan memperkuat bisnis industri sepeda motor nasional dan memperbesar volume ekspor tanpa mengesampingkan pasar domestik yang terus tumbuh.

Baca juga:  Gaikindo Dukung Penuh Pengembangan Kendaraan Listrik

Gelaran IMOS tahun ini diikuti total 60 peserta, yang datang dari berbagai sektor industri otomotif, baik pemegang merek sepeda motor yang merupakan anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) dan non-AISI, hingga industri pendukung (aftermarket).

Puluhan produk motor ditampilkan dari masing-masing booth peserta, baik motor baru, motor konsep sampai produk yang telah diluncurkan sebelumnya pameran terlaksana.

Animo pengunjung untuk menyaksikan secara langsung pameran dua tahunan tersebut cukup tinggi. Terhitung selama lima pameran tercatat 95.293 orang telah datang ke JCC Senayan, Jakarta Selatan.

Tak hanya produk, beragam kegiatan juga digelar oleh panitia, mulai dari lelang helm, edukasi keselamatan berkendara melalui safety riding class, hingga ajang kumpul para bikers dari berbagai lapisan.

Di hari terakhir IMOS 2018, Moto Meet-Up yang diadakan di area outdoor IMOS 2018 kembali dilaksanakan. Diawali dengan kegiatan Jamboride DINAMO (Donasi Anak Motor) yang dihadiri oleh kurang lebih 68 komunitas sepeda motor dan 800 peserta.

Baca juga:  'Anak Asuh' Bridgestone Indonesia Kembali ke Habitat Aslinya

Kegiatan ini merupakan event Sunday Morning Riding (sunmori) bersama menuju venue. Setelah itu dilanjutkan dengan lelang produk-produk apparel motor mulai dari tas, helm, serta ikat pinggang yang dipandu oleh Jamet.

Pengundian empat unit sepeda motor untuk pengunjung yang beruntung.

Jamboride DINAMO juga merupakan sebuah aksi peduli hasil kolaborasi antara IMOS 2018, Naikmotor.com, dan AM/PM Jakarta untuk membantu korban bencana di Palu dan Donggala.

Di hari terakhir pelaksanaan, juga diumumkan pemenang grand prize 4 unit motor dari merek Honda (CBR250RR), Kawasaki (Ninja 250), Suzuki (Nex II) dan Yamaha (Vixion).

Andy Wismarsyah, Presiden Direktur API Events, mengatakan animo yang ditunjukkan pengunjung, peserta pameran hingga komunitas motor sangatlah diapresiasi pihaknya. Andy pun berjanji untuk membuat even ini lebih meriah, dengan beragam program serta acara yang tentunya menarik.

“Kami berharap kedepannya industri sepeda motor dan produk pendukungnya semakin maju. Akhir kata, sampai jumpa di ajang Indonesia Motorcycle Show berikutnya!,” tutup Andy. [dp/MTH]