Rahasia Mazda3 Anyar Mulai Tersingkap! | dapurpacu.id

Rahasia Mazda3 Anyar Mulai Tersingkap!


LOS ANGELES (DP) – Jika sebelumnya beredar foto teaser yang menampakkan bagian sudut belakang Mazda3 model 2019, wujud utuh hatchback tersebut kini terlihat jelas, bahkan bagian interior juga ikut terkuak.

Dijadwalkan debut akhir bulan ini di ajang Los Angeles Auto Show 2018, all-new Mazda3 terlihat menjanjikan gaya desainnya. Hal itu terlihat dari beberapa foto spy yang diperoleh Carscoops, meski masih ditutupi stiker kamuflase.

Hebatnya, foto-foto spy yang berhasil diabadikan ketika hatchback tersebut tengah diuji di Eropa itu juga berhasil ‘menangkap’ bagian interior.

Dari foto-foto tersebut, tersirat bahwa Mazda3 model 2019 terinspirasi dari gaya desain Kai Concept, meski kurang agresif jika dibandingkan dengan versi konsepnya.

Tapi tetap saja, jika dikomparasikan dengan model lawas, Mazda3 anyar ini memiliki proporsi yang lebih baik serta lebih menggoda, seperti desain lampu utama dan lampu belakang yang lebih tajam, gril besar, dan juga pilar C yang dinamis. Semua itu terinspirasi dari Kai Concept.

Untuk interior Mazda3 baru juga mirip dengan versi konsepnya, terutama layout dan beberapa tombol di dashboard. Sama seperti Kai Concept, panel instrumen juga terdapat tiga bulatan, yang meliputi pengukur kecepatan, RPM dan informasi lainnya. Sedangkan perbedaan besar antara Mazda3 dengan Kai Concept adalah keberadaan layar sentuh di tengah yang seolah melayang di atas dashboard.

Masih di bagian kabin, aura mewah juga terpancar dari prototipe Mazda3 ini, seperti tempat duduk berlapis kulit warna merah, dashboard berbalut kulit dengan jahitan warna kontras, dan trim berlapis aluminium.

All-new Mazda3 akan menjadi model pertama Mazda yang akan menggunakan fitur SkyActiv Vehicle Architecture. Platform baru ini digadang-gadang memberikan perbaikan pada performa dan pengendalian.

Tapi fitur yang paling signifikan adalah teknologi mesin anyar bernama SkyActiv-X, yang dilengkapi Spark Controlled Compression Ignition (SCCI). Mazda3 model 2019 akan menggendong mesin bensin 2.0 liter SkyActiv-X, yang menjanjikan keiritan layaknya mesin diesel dan performa apik seperti mesin bensin. Mesin SkyActiv-X sanggup menyalurkan tenaga sebesar 190 PS (187 hp) dan torsi 230 Nm (170 lb-ft). [dp/TGH]