Changan Pamer Crossover Keren, Tapi Mirip Mobil Apa Ya?


GUANGZHOU (DP) – Guangzhou Auto Show yang dibuka pekan ini, menjadi ajang pamer produk anyar dari sejumlah produsen otomotif lokal, salah satunya Changan Auto yang mengandalkan coupe crossover CS85.

Selain desain, CS85 juga dijejali beragam fitur premium, seperti interior berlapis kulit di sejumlah panelnya dan juga peranti canggih lainnya untuk memanjakan pengemudi dan penumpangnya.

Changan tentu saja hanya akan merilis CS85 untuk pasar domestik mulai awal tahun depan. Kabarnya, varian bermesin plug-in hybrid juga ditawarkan untuk CS85 untuk menemani dua varian lain yang bermesin bensin.

Dari sisi desain, meski terlihat keren dan modern, tapi kebiasaan pabrikan China menjiplak desain merek Eropa, sepertinya juga diterapkan pada CS85.

Ada dua model crossover asal Eropa yang tampaknya menjadi ‘cetakan’ untuk CS85, yakni Volkswagen Touareg model terbaru untuk tampang depan dan BMW X4 untuk bagian 3/4 ke belakang.

Tak hanya desain eksterior, bagian kabin juga tak lepas dari pengaruh desain merek Eropa, khususnya model di bawah payung VW Group, lebih tepatnya Audi Q8. Kemiripan itu terlihat dari model tuas persneling, posisi layar infotainment dan climate control.

Meski demikian, Changan berusaha memberikan kedan wah pada ruang kabin, walaupun di beberapa area masih ada yang menggunakan material plastik murah. Tapi secara keseluruhan, aura mewah dan elegan begitu terasa ketika kita masuk ke kabin CS85, karena banyak area yang sudah dilapisi material lembut, termasuk panel pintu dan dashboard bagian atas yang berlapis kulit.

Selain layout yang keren, kesan modern dan canggih lainnya terpancar dari keberadaan kamera 3D 360 derajat, yang biasa digunakan model saloon dan SUV mewah Eropa.

Jika rumor yang beredar benar, CS85 Coupe akan dibanderol seharga mulai dari 140.000 yuan ($20.000) dan termahal hingga 200.000 yuan ($29.000).

Selain varian plug-in hybrid, CS85 Coupe juga ada pilihan mesin 1.5-liter turbo bertenaga 178 HP atau 2.0-liter turbo bertenaga 233 HP, yang dibekali transmisi matik 8 percepatan.

Untuk dimensinya, CS85 disebutkan memiliki panjang 4.720 mm (185,8 inci), lebar 1.845 mm (72,6 inci), tinggi 1.665 mm (65,5 inci) dan wheelbase 2.705 mm (106,5 inci). Dari situ tergambar, CS85 sedikit lebih kecil dari BMW X4 dari semua aspek, kecuali untuk tingginya. [dp/TGH]