Gimmick Penggerak AWD, Perbaikan Gizi Buat Toyota Prius di Amerika


LOS ANGELES (DP) – Penjualan Toyota Prius di Negeri Paman Sam Amerika Serikat memang sedang terpuruk. Toyota pun coba putar otak agak performanya kembali ciamik dengan menghadirkan model penyegaran di Los Angeles Auto Show, Rabu (28/11) lalu.

Lantai dingin LA Convention Center mendadak ‘memanas’ dengan berbagai pembaharuan tampilan pada sedan ramah lingkungan tersebut. Kosmetik minim ini diyakini mampu mendongkrak penjualannya di Amerika.

Paling menarik, Prius model 2019 ini kini dibekali sistem penggerak all wheel drive listrik (AWD-e) dan diagendakan hatchback ini bakal dipasarkan di sejumlah negara selain Jepang.

Dengan adanya penggerak ‘tambahan’ roda belakang ini, kemampuannya untuk dibesut pada permukaan salju atau licin hingga mencapai 70 km/jam. Baterai Nickel-Metal Hydride yang disematkan pun tergolong pengembangan baru yang dirancang untuk memberikan kinerja mumpuni dalam kondisi dingin ekstrim.

Dalam praktiknya, kelistrikan dari baterai Ni-MH hybrid disalurkan motor yang ditempatkan di roda belakang. Hasilnya, kecepatannya pun bertambah hingga 9,6 km/jam.

Baca juga:  Auto2000 Tawarkan Paket Kredit Menggiurkan di IIMS 2018 Surabaya

Penempatan baterai yang berada di bawah jok belakang juga tidak berdampak pada kelapangannya, karena Prius terbaru ini masih menawarkan luas interior hingga 1.854 liter.

Toyota Motor USA meyakini Prius AWD-e bakal menjadi salah satu mobil penumpang berpenggerak all-wheel-drive paling irit di seantero Amerika. Keyakinan itu dibuktikan dengan tingkat efisensi 22,1 km/liter di perkotaan, 20,4 km/liter di tol dan 21,3 km/liter gabungan.

Sebagai perbandingan, Prius L eco berpenggerak roda depan memiliki rating efisiensi bahan bakar sebesar 24,7 km/liter di kota, 22,5 km/liter di jalan bebas hambatan, serta 23,8 km/liter secara kombinasi.

Dari sektor tampilan, desainer Toyota melakukan penyegaran yang difokuskan pada fascia depan dengan sedikit sentuhan di buritan. Desain lampu depan diubah lebih tajam dan bemper yang dilengkapi foglamp.

Desain bemper pun dirancang lebih rendah guna memberikan asupan udara ke ruang mesin lebih luas. Melirik ke belakang, desain lampu belakang diubah lebih segar dengan tambahan emplem ‘AWD-e’ sebagai penandanya.

Baca juga:  Awas! Main-main dengan Toyota Prius Ini, Anda Bisa Hancur

Perubahan paling signifikan di kabin adalah dipasangkannya layar sentuh berukuran 11,6 inci terbaru berdesain tablet. Unit ini diambil langsung dari Prius Prime. Lingkar kemudi juga direvisi, plus tambahan dua warna bodi baru yaitu Supersonic Red dan Electric Storm Blue.

Meski terbilang lambat untuk menggelontorkan model ini di Amerika, Toyota berharap kontribusi Prius AWD-e mampu mencapai 25%. Tampilan roof rail saat mobil hadir di LA Auto Show juga menandakan mobil ini siap digeber di permukaan salju. [dp/MTH]