CustoMAXI Balikpapan ‘Dibumbui’ Nuansa Etnik Khas Pulau Borneo

Para peserta CustoMAXI Balikpapan menampilkan beberapa tema dan konsep dalam modifikasinya.

JAKARTA (DP) – Kontes modifikasi jajaran produk MAXI Yamaha bertajuk CustoMAXI 2018 terus berlanjut, kini giliran di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Berlangsung di Pasar Segar, Sungai Ampal, seluruh peserta menampilkan ‘jurus’ desain etnik khas Pulau Borneo.

Perpaduan laburan warna-warna pun coba dituangkan oleh peserta. Alhasil, empat pemenang dari empat kategori berbeda telah ditentukan. Dari hasil penilaian tim juri, untuk pemenang kategori Rising Star Lexi jatuh kepada Suhang Uray Wong.

Dari keterangan resmi Yamaha, Kamis (6/12) lalu, Suhang mengangkat tema etnik tarian Dayak khas Kalimantan, dengan memadukan tiga warna yaitu emas, biru dan magenta.

“Laburan warna emas agar terlihat mewah dipadu dengan biru dan magenta agar lebih hidup. Saya ingin saat orang melihat bisa terpukau. Lexi ini memang digunakan khusus untuk kontes modifikasi,” tutur Suhang.

Di kategori Master Class Xmax, Hendy Nurwidiasmoro keluar sebagai juara meski konsep modifikasinya tergolong sederhana dengan memanfaatkan warna oranye agar terlihat cerah dan semangat.

Baca juga:  Pertamina Bagi-Bagi Oli Mobil dan Motor di Hari Pelanggan Nasional
Pemenang CustoMAXI Balikpapan kategori Master Class dan Rising Star.

“Sebagian bodi motor menggunakan carbon dan ada part yang diganti. Ini semua dikerjakan oleh mekanik dari komunitas kami,” kata Hendy yang tergabung dalam Police Bikers Community Kaltim.

Sementara pada kategori Master Class Nmax, Onie didapuk sebagai juaranya. Onie menggunakan perpaduan warna merah dan hitam berbahan carbon kevlar di seluruh bodi motor guna memunculkan nuansa elegan.

“Warna-warna ini agar motor nampak elegan. Sedangkan warna emas pada cutting sticker sebagai pemanis. Sejumlah asesoris juga saya gunakan,” kata Onie dari Max Freedom Community.

Sedangkan pemenang kategori Master Class Aerox 155, Ahmad, justru mengusung tema modifikasi berbeda yakni ‘racing look’. Hal ini menurutnya disesuaikan karakter sporti dari Aerox S-version miliknya.

“Konsepnya racing look. Kesan ekstrim ada di bodi belakang dan stang. Untuk menyesuaikan dengan warna jok dan detail part, dibuat striping tajam. USD motor warna merah supaya terlihat cerah senada dengan stang,” jelas Ahmad.

Baca juga:  Lebih dari 3000 Bikers Pulau Borneo Penuhi Area Kiram Park

Keempat pemenang ini bakal dipertemukan dengan seluruh finalis dari daerah lain pada puncak kontes CustoMAXI, yang dijadwalkan digelar di Bandung, 2 Maret 2019 mendatang.

Sebelumnya, kontes ini telah dilaksanakan di Bekasi, Yogyakarta dan Balikpapan. Masih ada lima kota lagi termasuk Bandung sebagai kota terakhir penyelenggaraan kontes CustoMAXI 2018, yaitu Makassar, Medan, Denpasar, serta Surabaya.

CustoMAXI 2018 melombakan tiga kategori yaitu Daily Use, Master Class dan Rising Star. Kategori Daily Use dan Master Class dibuka untuk Nmax, Aerox 155, Xmax. Dan yang terbaru adalah kategori Rising Star dengan motor Lexi.

Yamaha menyediakan hadiah-hadiah menarik untuk pemenang semifinal dan final yaitu uang tunai total ratusan juta rupiah. Pada tahap grand final di kategori Master Class mendapatkan 1 unit Aerox 155 untuk Best Nmax Modification, 1 unit Lexi untuk Best Aerox Modification, 1 unit Nmax untuk Best Xmax Modification.

Baca juga:  Meski Tampang & Motornya Sangar, RX King Kalimantan Sumbang Gempa NTB

Sedangkan Best Rising Star memperoleh 1 unit Lexi. Dan puncaknya adalah 1 unit Xmax untuk King of MAXI Yamaha Modification. [dp/MTH]