Pemprov Jakarta Terima Hibah 50 Unit Viar Q1

PT Paiton Energy menyerahkan 50 unit Viar Q1 sebagai kendaraan operasional Pempov DKI Jakarta.

JAKARTA (DP) – Upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk fokus dalam penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan terwujud, dengan diserahkannya 50 unit motor listrik Viar Q1 yang dihibahkan oleh PT Paiton Energy, Kamis (13/12).

Selain unit motor, perusahaan pembangkit listrik swasta ini juga menyerahkan dua stasiun listrik tenaga surya dan tiga stasiun pengisian listrik, yang nantinya bakal ditempatkan di Taman Margasatwa Ragunan dan Monumen Nasional.

Bagi Paiton Energy, langkah ini merupakan bentuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), sekaligus untuk mengurangi emisi gas rumah kaca di wilayah DKI Jakarta.

Asisten Deputi Bidang Transportasi Pemprov DKI, Sunardi Sinaga menuturkan adanya kegiatan ini bisa jadi pendorong agar lebih berupaya mengimplementasikan energi terbarukan seperti solar cell tenaga surya.

“Ini adalah langkah awal yang besar bagi Indonesia dengan menyebarkan 50 motor listrik Viar Q1 ke sejumlah tempat untuk digunakan sebagai kendaraan operasional. Ke depan diharapkan orang-orang umum mulai tertarik menggunakan ini guna bumi yang lebih baik,” kata Sunardi di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan.

Baca juga:  Lifter Andalan Bridgestone Indonesia Ini Berjaya di Asian Games 2018

Secara rinci, ke 50 unit Q1 ini akan disebar di tiga tempat yakni 20 unit dioperasikan di Taman Margasatwa Ragunan, 20 unit di Monas, serta 10 unit di Jatibaru, Jakarta Pusat.

“Motor (Viar Q1) ini nantinya digunakan untuk petugas sekuriti dan pengawas hewan hanya di dalam area Ragunan saja,” tambah Sunardi.

Sunardi berharap, dari sini akan berkembang bukan hanya sepeda motor, namun juga diteruskan sampai ke mobil. Menurutnya, kalau ini terus secara konsisten dilakukan, penghematan energi juga akan semakin baik.

“Sepeda motor menggunakan listrik seperti Viar Q1 ini merupakan lompatan besar yang harus kita dukung terus demi kebaikan masyarakat untuk saving energi dan mengurangi emisi gas buang. Kita tahu Jakarta beberapa waktu lalu tingkat pencemarannya terbesar, pernah nomor 1 di dunia,” ucapnya. [dp/MTH]