Mengapa Orang-orang Ini Rela Antri untuk Mendapatkan iPhone X

Orang-orang yang antri untuk mendapatkan iPhone seri terbaru, rela antri sejak subuh. Foto: Tempo

JAKARTA (DP) – Tiga ponsel pintar Apple, iPhone XS,  iPhone XS Max dan iPhone XR resmi dirilis di Indonesia, Jumat, 14 Desember lalu. Dipasarkan dengan harga di atas Rp15 juta, tidak membuat sebagian orang ciut untuk memilikinya. Bahkan ratusan orang rela mengantri sejak subuh, demi sebuah iPhone dengan seri X tersebut.

Adalah Teletama Artha Mandiri (TAM), anak perusahaan Erajaya Group, yang kembali dipercaya untuk menghadirkan tiga produk Apple termutakhir itu.

“Kami tentu senang bisa dipercaya Apple menghadirkan iPhone XS, XS Max, dan XR dalam jangka waktu yang tak cukup lama dari peluncuran di Amerika,” ujar Djatmiko Wardoyo, Direktur Komunikasi dan Pemasaran PT Erajaya Group, dalam peluncuran di iBox Central Park, Jakarta Barat seperti dikutip dari Tempo.co

Apple iPhone XR dijual mulai dari harga Rp 15,2 juta untuk kapasitas 64 GB (gigabita). Kapasitas 128 GB dan 256 GB masing-masing dijual dengan harga Rp 16,5 juta dan Rp 18,3 juta. Warna yang tersedia yakni wahite, black, blue, yellow, coral, dan red.

Baca juga:  Ups...Bikin Z4 dan Supra, Insinyur Toyota-BMW Tak Saling Bicara Sejak 2014

Fenomena orang-orang rela mengantri demi mendapatkan berbagai seri iPhone terbaru ini, tak hanya terjadi di Indonesia. Menurut laporan Reuters, awal November tahun lalu, orang-orang di Kota New York, Amerika, di Sydney, Australia, di pusat perbelanjaan Omotesando, Jepang, rela mengantri sebelum  Apple Strore dibuka.

Masih di bulan dan tahun yang sama, sejumlah calon pembeli rela tidur dipelataran toko saat mengantri untuk mendapatkan iPhone X di Apple store Singapura, 3 November 2017.

Di Indonesia, juga sama, pekan lalu, saat tiga iPhone seri X terbaru dipasarkan, ratusan orang sudah mengantri. Sebagian mereka adalah orang biasa, ada juga artis. Hebatnya, mereka sudah tiba di store penjualan iPhone sejak subuh.

Lalu, apa yang membuat mereka begitu ‘heboh’nya demi untuk mendapatkan sebuah iPhone X seri terbaru tersebut. “Aku beli Iphone XR 256 GB warna merah, di sini seru jadi kebawa suasananya, soalnya rame banget. Orang-orang ingin jadi pengguna iPhone terbaru yang pertama. Dan aku seneng bisa jadi salah satu pengguna pertama,” ujar artis Tasya Kamila setelah mendapatkan iPhone yang dibelinya di iBox Central Park, Jakarta Selatan, Jumat, 14 Desember 2018.

Baca juga:  Autovision Ekspansi Jaringan ke Pulau Dewata

Sama halnya dengan Apple Fan Boy Indonesia, Fadly Permana, mengaku sudah menjadi pembeli pertama produk iPhone dua kali berturut-turut. “Tahun lalu juga saya jadi yang pertama, beli iPhone 8 Plus,” ujar dia saat mengantre di iBox Central Park, Jakarta Selatan, di hari yang sama dengan Tasya.

Jadi, apakah cuma ingin menjadi ‘orang pertama’ yang mengggunakan iPhone seri X, kemudian mereka rela antri sejak subuh dan mengeluarkan uang yang juga tidak sedikit? Entahlah, hanya mereka yang tahu. Namun, menurut beberapa media online, para pengguna iPhone ternyata sangat aware dengan keamanan data, sehingga mereka lebih memilih iPhone daripada Android.

Pengguna Android memang diuntungkan dengan kemudahan install aplikasi dan banyaknya pilihan store aplikasi untuk men-download beragam aplikasi untuk Android.  Namun, banyaknya toko aplikasi ini justru menjadi gudang virus dan malware  karena aplikasi yang diinstal tidak berasal dari sumber yang tidak terpercaya.

Baca juga:  Jasa Marga Tuntas Berangkatkan 2.100 Pemudik dari 5 Wilayah Pemberangkatan

Berbeda dengan iPhone yang hanya bisa mendownload aplikasi dari App Store, dan aplikasi yang masuk telah dikurasi dengan baik. Jadi dijamin lebih aman. Tak heran jika isu keamanan ini membuat orang lebih memilih iPhone dibanding Android.

Para pengguna iPhone, juga tak perlu repot dengan cara penggunaannya, meski menggunakan seri terbaru. Berbeda dengan Android yang diproduksi oleh banyak vendor, tampilan User Interface antar vendor pasti berbeda.  Perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan tombol-tombol dan fitur-fiturnya. Nah, untuk orang yang gak mau pusing, pasti lebih memilih iPhone, apalagi sudah punya seri sebelumnya.  Bagaimana dengan Anda? [Dp/Gtm]