2019 Waktunya Daihatsu Xenia Ganti Model, Bukan Cuma Facelift

Foto: Istimewa

JAKARTA (DP) – Melihat angka penjualan Daihatsu Xenia sepanjang Januari – November 2018, yang mengalami penurunan cukup tajam, sepertinya Astra Daihatsu Motor sudah waktunya mengambil langkah untuk segera berganti model, bukan cuma facelift doang.

Alasannya, selain karena masa life cycle Daihatsu Xenia sudah hampir berakhir, mungkin juga para pengguna atau calon pembeli baru, sudah bosan dengan model yang itu-itu saja. Apalagi sekarang, kompetitor sejak setahun lalu sudah mengeluarkan model baru, yang terbukti laku keras.

Rumors yang beredar di medsos dan online, kabarnya, Astra Daihatsu Motor, memang sudah menyiapkan Xenia baru, tapi bukan model baru, melainkan hanya perubahan kecil (facelift) dari model yang sudah ada. Begitu juga dengan pasangan duetnya, Toyota Avanza.

Para petinggi Daihatsu maupun Toyota, tak membantah rumors tersebut. Mereka mengatakan, tunggu saja awal tahun depan. Namun, sekali lagi, kalau tahun depan Daihatsu maupun Toyota hanya merilis model facelift, jangan berharap banyak pasar akan langsung tergiur untuk menerima kehadiran kedua model tersebut.

Baca juga:  Komunitas Mobil Putih Ini Tunjuk Nakhoda Baru

Sejak kehadiran Mitsubishi Xpander, tahun lalu, perhatikan saja angka penjualan Daihatsu Xenia. Sepanjang Januari sampai November 2018, penjualan ritel Daihatsu Xenia hanya 27.808 unit atau 16% dari total penjualan. Padahal, di kurun waktu yang sama tahun lalu, penjualan ritel Low MPV Daihatsu ini tercatat masih sebanyak 32.728 unit atau 20% dari total penjualan ritel.

Penurunan juga terjadi dalam hal wholesales atau penjualan dari pabrik ke diler sepanjang 11 bulan pertama itu. Tercatat, sampai akhir November 27.078 unit atau 15% dari total penjualan. Sedangkan di tahun lalu, penjualan masih sebanyak 35.501 unit atau 20%.

Balik lagi pada persoalan model baru di atas, kalau melihat siklus produk – (produck lifecycle) Daihatsu Xenia yang sudah delapan tahun, memang sudah waktunya ganti model.

Masih ingat kan? Daihatsu Xenia mamupun Avanza pertama kali diluncurkan pada 2003. Setelah delapan tahun, tepatnya pada 2011, berganti model. Nah! kalau dihitung berdasarkan siklus tersebut, seharusnya pada 2019 nanti, baik Daihatsu Xenia maupun Toyota Avanza, memang sudah waktunya berganti model.

Baca juga:  Penyegaran 'Dadakan' Suzuki New Ertiga

Jadi, bukan hanya wartawan otomotif saja, yang berharap Daihatsu Xenia atau Avanza yang berganti model, para pengguna atau calon pembeli juga berharap hal yang sama. Pun, demikian juga dengan para pedagang mobil bekas.

Semua berharap, tahun depan Daihatsu Xenia dan Avanza sudah berganti model dengan brand dan image yang berbeda dari produk low MPV sebelumnya. Langkah ini agar para konsumennya tidak kabur lantaran melirik produk dari pabrikan lain. [Dp/Gtm]