Toyota Punya Layanan Khusus Taksi Online, Servis Cepat!


KUALA LUMPUR (DP) – Soal layanan purna jual, banyak yang setuju bahwa Toyota adalah jagonya. Di banyak negara, raksasa otomotif Jepang ini menjadi semacam benchmark dalam hal layanan, yang menjadi salah satu elemen dalam Toyota Production System (TPS), yang mengedepankan efisiensi dalam proses produksi hingga perawatan.

Keahlian Toyota dalam hal efisiensi produksi sudah melampaui lingkungan pabrik, yakni juga diterapkan pada layanan purna jual. Layanan prima ini bahkan sering menduduki peringkat teratas dalam berbagai survei di seluruh dunia.

Nah, keahlian inilah yang dimanfaatkan Grab di Malaysia untuk memberikan kesempatan bagi para mitra pengemudinya yang menggunakan mobil Toyota untuk ‘merasakan’ cita rasa layanan perawatan kendaraan ala Toyota. Bukan tanpa sebab Grab menjalin kerjasama dengan Toyota, karena aspek kepraktisan dan efisiensi waktu perawatan di bawah 60 menit yang menjadi alasannya. Dengan cepatnya waktu perawatan, pemilik taksi online Grab berharap membutuhkan waktu total 90 menit, termasuk menyelesaikan segala administrasinya di bengkel resmi Toyota.

Baca juga:  Toyota Siap Lahirkan All-New Yaris dan Vios

Sebelum di Malaysia, Toyota sudah menerapkan TPS bagi armada mobil Toyota yang dipakai untuk taksi online Grab di Singapura. Total-care Service, begitu nama layanan untuk Grab di Singapura, memanfaatkan telematika onboard TransLog pada kendaraan Toyota, dan juga mengalihkan solusi dari pabrik Toyota ke seluruh pusat layanan atau bengkel resmi Toyota.

Sistem telematika itu akan terus memonitor tanda-tanda vital pada kendaraan dan memberikan peringatan atau pemberitahuan kepada bengkel resmi dan pengemudi ketika sudah waktunya melakukan perawatan kendaraan.

Sebelumnya, para pemilik mobil Grab bermerek Toyota membutuhkan waktu sekitar 70 menit berada di bengkel resmi. Toyota berniat memangkas waktu perawatan menjadi hanya 30 menit, dengan pekerjaan perawatan aktual (di luar admisnistrasi) diselesaikan dalam waktu hanya 15 menit.

Hal ini bisa tercapai via dedicated service bay – Intensive Care Stall (ICS), atau tempat servis khusus. Tak seperti service bay biasa, ICS bay menggunakan peralatan yang biasanya digunakan di pabrik manufaktur, juga menggunakan troli robotik untuk membawa ban dari kendaraan ke alat spooring dan balancing. Selain itu juga menggunakan proses kontrol visual dan peralatan kerja wireless yang secara otomatis meng-update lembar kerja ketika pekerjaan sudah selesai.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat All-new Toyota Corolla Altis

Pemangkasan waktu pekerjaan di bengkel resmi dalam melakukan perawatan kendaraan sangat krusial bagi Grab, karena kendaraan yang digunakan sebagai taksi online memiliki jarak tempuh lima kali lebih jauh ketimbang mobil yang dipakai pribadi.

Toyota meluncurkan layanan di pertama kali di Singapura, di mana di negeri itu Grab mengoperasikan 1.500 kendaraan Toyota melalui anak perusahaannya, GrabRentals.

Keuntungan dari Total-care Service tak hanya sebatas memudahkan perawatan, informasi pengemudian yang disimpan di dalam TransLog juga memudahkan perusahaan asuransi melakukan penilaian terhadap kebiasaan mengemudi mitra pengemudi Grab, dan kemudian memberikan reward atau penghargaan bagi pengemudi yang berperilaku mengemudi aman dengan premi rendah.

Shigeki Tomoyama, Toyota Executive Vice President dan Presiden Toyota’s in-house Connected Company, Toyota berencana menerapkan layanan seperti ini secara global, termasuk di negara-negara Asia Tenggara lainnya. [dp/TGH]