Tata Harrier Meluncur Tahun Depan, Lebih Murah Dari Honda HR-V 1.8 | dapurpacu.id

Tata Harrier Meluncur Tahun Depan, Lebih Murah dari Honda HR-V 1.8

Tata Harrier resmi mengaspal di India tahun depan.

NEW DELHI (DP) – Tata Motors bakal lebih serius dan agresif lagi di tahun depan untuk menggelontorkan produk-produk terbaru, khususnya di segmen SUV. Langkah ini diambil melihat pergeseran pasar yang seperti lebih melirik ke segmen mobil ‘bertubuh’ besar tersebut.

Jelang berakhirnya 2018, pabrikan mobil asal India ini telah memastikan bakal meluncurkan SUV andalan terbarunya yaitu Harrier tahun depan. Tepatnya pada 23 Januari 2019, seperti dilansir Rushlane, Senin (24/12) lalu.

Saat peluncuran kelak, Harrier menawarkan empat varian dan hanya tersedia dalam satu tipe transmisi yaitu manual serta berpenggerak roda 4×2. Keempat varian itu yakni XE, XM, XT dan XZ, dengan kapasitas penumpang lima orang.

Secara desain, tampilan Harrier menonjolkan profil aerodinamis dengan desain yang melengkung, cukup nyaman dipandang mata. Visualisasinya pun setara dengan Land Rover Discovery Sport dan Range Rover Evoque.

Sebab, fisik luar Harrier berbasiskan konsep H5X yang dibangun pada platform D8 Jaguar Land Rover. Tata Harrier memiliki panjang 4.598 mm, lebar 1.894 mm (tanpa spion), dan tinggi 1.706 mm.

Mobil ini dilengkapi LED DRL dipadukan dengan sein, Xenon HID projector headlamps, fender yang besar, lampu belakang (juga) dilengkapi LED 3D, serta atap mengapung dengan finishing krom tebal. Plus lampu kabut dengan pendaran cahaya mengikuti arah setir.

Melirik ke kabin, tema Oakwood tertera pada dashboard. Atmosfer nyaman dan terkesan tenang diejawantahkan lewat skema warna dual tone pada interior dan jok dibalut kulit, serta aksen satin krom.

Balutan kulit juga menempel pada lingkar kemudi dan knob transmisi, lapisan anti-reflektif Nappa di dashboard, sistem audio layar sentuh berukuran 8,8 inci, dan rem parkir hitam bergaya aero-throttle menambah interior berkelas Harrier.

Sistem audi tersebut juga dilengkapi suite infotainment ConnectNext Tata, yang dimunculkan melalui sembilan speaker dari JBL, mendukung penggunaan Android Auto dan Apple CarPlay.

Menyinggung soal mesin, Harrier akan berhadapan langsung dengan Jeep Compass, dimana keduanya mengusung mesin diesel 4 silinder 2.0 liter turbocharge. Dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan, tenaga yang dilontarkan mencapai 138 hp dengan torsi 350 Nm.

Meski berpenggerak 4×2, namun Harrier juga dibekali berbagai fitur pendukung saat melahap ‘aspal merah’. Tiga model berkendara tersedia, Eco, City dan Sport, dipadu dengan tiga mode Respon Terrain dari Electronic Stability Program (ESP), yaitu Normal, Wet and Rough.

Berbagai rencana usai Tata Harrier diluncurkan lansung berhembus, mulai dari ketersediaan transmisi otomatis, varian 4×4, hingga kapasitas duduk untuk tujuh penumpang.

Publik India pun berharap banderolnya tidak lebih dari Rs 21 lakh (Rp346 juta). Pemilik pertama juga akan diberikan dan langsung dikirim ke garasi konsumen saat itu juga.

Diklaim sebagai tolok ukur baru untuk SUV, Harrier saat ini sedang dipamerkan ke publik di berbagai pusat perbelanjaan di India. [dp/MTH]