Suzuki Jimny 6×6 Ini Layak Jadi Off-Roader Sejati


LONDON (DP) – Suzuki Jimny sejatinya dilahirkan sebagai kendaraan jenis SUV. Tapi di tangan orang kreatif, bisa saja mini off-roader ini berubah fungsi menjadi kendaraan komersial, terutama di kategori yang tertera di STNK.

Tapi Jimny karya SRK Designs ini bukan jenis pickup biasa, karena model modifikasi ini dilengkapi enam buah roda atau 6×6.

Sepertinya tak salah jika SRK Designs ingin menjadikan Jimny sebagai off-roader 6×6, karena SUV ini dikenal memiliki kemampuan mumpuni melibas medan ekstrem layaknya para rivalnya yang memiliki bodi dan mesin lebih besar, seperti Jeep Wrangler, Toyota Land Cruiser, Mercedes G-Class atau Land Rover Defender.

Faktor biaya tentu menjadi pertimbangan utama dalam mengubah tampilan dan fungsi Jimny dari SUV 4×4 menjadi pickup 6×6, dengan menambahkan satu poros roda lagi di belakang dari semula hanya dua poros roda.

Meski proyek SRK Designs ini hanya sebatas gambar, tapi di tangan ahlinya, gambar rekaan tersebut bukan mustahil untuk diwujudkan. Dalam rekaan digital tersebut, SRK Designs menambahkan fender besar sehingga membuat tampilan kian gahar. Selain menggunalan bumper baja, Jimny 6×6 ini juga dibekali sports bar dan over-the-top roof rails yang dipadukan dengan roof rack terintegrasi.

Baca juga:  Honda Siapkan Mobil Imut N-Van Untuk Bisnis

Makin mantap dengan keberadaan winch yang terpasang pada bumper depan, lampu kabut LED, dan ban jenis all-terrain yang membungkus velg berdiameter kecil.

Racikan tersebut memang terkesan keren dan gagah. Hanya saja, apakah mesin standar Jimny mampu menopang bodi yang kian berat?

Coba lihat, Jimny generasi keempat ini hanya dibekali mesin 1.462 cc berkode K15B yang memiliki tenaga 101 PS (100 horsepower) dan torsi 130 Nm (96 pound-feet). Tenaga itu disalurkan via girboks manual 5 percepatan atau matik 4 percepatan.

Penambahan bobot akibat dari perubahan sistem penggerak menjadi 6×6, akan membuat mesin bawaan berkapasitas 1.5-liter kepayahan, demikian juga dengan sistem pemindah dayanya harus disesuaikan.

Masalahnya, ruang mesin yang sempit akan kesulitan untuk mengganti dengan mesin berkapasitas lebih besar. Tapi ada peluang untuk mencangkokkan mesin 1.5-liter EcoBoost milik Ford Fiesta ST. Atau kalau tidak, berharap saja ada produk turbo aftermarket yang bisa cocok dengan mesin K15B. Tapi, kalau berusaha pasti ada jalan.

Baca juga:  Lesehan Enduro, Layanan Pertamina di Jalur Mudik

Apakah Anda tertarik untuk mengaplikasikan proyek Jimny 6×6 ala SRK Designs pada Jimny lawas Anda, atau mungiin Anda akan menunggu pihak Suzuki Indomobil memasukkan model ini ke Tanah Air? [DP/TGH]