Ini Dia Lamborghini Huracan EVO, ‘Si Banteng’ yang Makin Beringas


SANT’AGATA BOLOGNESE (DP) – Lamborghini kembali membuat penyuka kecepatan ‘merem melek’ setelah memperkenalkan model anyar Huracan yang dijuluki EVO. Selain berbekal seabrek fitur dan teknologi anyar, performa supercar ini bikin geleng-geleng kepala.

Pabrikan asal Italia itu menyebutkan bahwa Huracan EVO selain dilengkapi Vehicle Dynamics Control System terintegrasi, juga disematkan teknologi infotainment terkini dengan konektivitas canggih. Belum lagi performa mesinnya, yang sanggup sprint dari posisi diam menuju kecepatan 100 km/jam hanya dalam tempo 2,9 detik.

Apa saja kehebatan lain dari Huracan EVO? Yuk, kita simak berikut ini.

Aerodinamika meningkat
Lamborghini menempatkan bumper depan model baru pada Huracan EVO, yang dilengkapi splitter dengan desain sayap terintegrasi. Fungsinya adalah untuk mengalirkan udara.

Ciri khas Lamborghini terpancar dari air intake berukuran besar yang berbentuk huruf Y, yang berpadu apik dengan velg berdesain anyar serta air intake samping yang juga baru.

Tapi yang paling menarik adalah ubahan pada bagian belakang Huracan, yang terlihat semakin garang berkat penempatan dua moncong knalpot yang posisinya lebih tinggi pada bumper belakang. Kemudian bagian atas pada buritan terdapat spoiler terintegrasi mirip ekor itik, yang berguna untuk meningkatkan downforce.

Baca juga:  Astaga! Orang Ini Koleksi Puluhan Hypercar Cuma Untuk Pajangan

Desain lantai Huracan EVO juga dibuat sedemikian rupa untuk memaksimalkan aerodinamika dan mendongkrak downforce, sehingga secara keseluruhan aerodinamikanya meningkat lima kali lipat dibandingkan Huracan generasi pertama.

“Lamborghini selalu terdepan dalam hal tekonologi mobil sport dan menciptakan emosi berkendara. Ini adalah esensi dari New Huracán EVO, yang menyerap kemampuan Huracán Performante dan memadukan sistem kendali dinamis kendaraan terkini dengan pengalaman mengemudi Huracán sehari-hari,” kata CEO Lamborghini, Stefano Domenicali, dalam pernyataan tertulisnya.

Kabin modern
Di dalam kabin Huracan EVO, Anda akan menemukan trim khusus ‘EVO’ dengan balutan kulit Alcantara di sekujur interior, dengan detail Arancio Dryope untuk menyesuaikan dengan tema Arancio Xanto pada eksterior.

Konsumen juga bisa memesan tema Carbon Forged Composites dan Carbon Skin yang sudah menjadi paten Lamborghini, yang diharmonisasi dengan sistem pencahayaan ambient terbaru. Tak hanya itu, konsumen dapat memilih serangkaian gaya desain dalam paket Style Packs, termasuk program Ad Personam khas Lamborghini.

Baca juga:  Ferrari SP3JC, Saatnya Desain Sensual Ala Italia Berbicara

Untuk teknologi infotainment, di konsol tengah Huracan EVO ditempatkan layar sentuh 8,4 inci, yang dilengkapi kemampuan multi-finger gesture control, kemudian Apple CarPlay dengan integrasi smartphone, navigasi satelit, web radio, integrated high-capacity hard disk dan dual-camera telemetry system (opsional).

Performante power
Huracan EVO mengusung mesin 5.2 liter naturally-aspirated V10, yang kini tenaganya mencapai 640 PS (631 HP) pada 8 000 rpm dan torsi puncak 600 Nm (442 lb-ft) pada 6.500 rpm, atau meningkat 30 PS (29 HP) ketimbang Huracan lawas.

Dengan bobot 1.422 kg, supercar Italia ini memiliki rasio bobot terhadap tenaga sebesar 2,22 kg/hp, sehingga memudahkan berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu cuma 2,9 detik. Selanjutnya dari 0-200 km/jam butuh 9 detik, sedangkan pengereman dari kecepatan 100 km/jam hingga berhenti dicapai dalam jarak 31,9 meter.
Huracan EVO diklaim punya kecepatan puncak lebih dari 325 km/jam.

Jika dilihat dari spesifikasi performanya, ini sangat identik dengan Huracan Performante. Namun demikian, EVO punya banyak teknologi baru, seperti Lamborghini Dinamica Veicolo Integrata (LDVI), central processing unit yang mengendalikan setiap aspek perilaku dinamis kendaraan. Sistem itu dibantu oleh teknologi bernama Lamborghini Piattaforma Inzerziale (LPI), yakni seperangkat akselerator dan sensor giroskop yang ditempatkan di pusat gravitasi atau titik bobot kendaraan.

Baca juga:  Polka Barbershop Sensasi Cukur Rambut di Atas Motor Klasik

Penunjang performa beringas EVO lainnya adalah sistem penggerak roda belakang, four-wheel torque vectoring system, megnetorheological active suspension, traction control system model terbaru, all-wheel drive system yang diperbarui dan respons kemudi yang juga telah ditingkatkan kemampuannya.

Di Amerika Serikat, Huracan EVO ditawarkan mulai $261.274 (Rp3,6 miliar), sedangkan konsumen di Inggris harus membayar £165.256 (Rp2,9 miliar). Di China, supercar ini dihargai 3.298.100 RMB (Rp6,7 miliar), sementara di Jepang dibanderol seharga 29.843.274 YEN (Rp3,8 miliar). Perbedaan harga itu dipengaruhi oleh pungutan pajak di masing-masing negara. Untuk Indonesia kemungkinan harganya akan melambung lebih tinggi lagi. [DP/TGH]