Jalani Operasi Bahu, Pedrosa Absen Pengujian di Sepang

Dani Pedrosa harus menjalani operasi bahu, dan memaksanya absen pengujian di Sirkuit Sepang awal bulan depan.

SPANYOL (DP) – Dani Pedrosa terpaksa memulai tahun 2019 dengan rencana yang sangat berbeda dari yang telah diramalkannya bersama Red Bull KTM. Pebalap Spanyol ini harus menjalani sekelumit proses pemulihan fisik yang cukup besar selama berbulan-bulan.

Pedrosa dijadwalkan bakal menjalani operasi pada sel-sel induk pasca fraktur stres ganda pada tulang selangka bagian kanan, yang baru-baru ini didiagnosis.

Juara dunia tiga kali ini memutuskan akan melakukan operasi perbaikan jaringan, dengan kontribusi graft dibentuk oleh sel-sel induknya sendiri, diupayakan terbaik dan paling efektif untuk mengonsolidasi tulang yang terluka.

Dengan kondisi ini, alhasil The Little Samurai harus melewatkan tes pramusim MotoGP 2019 yang bakal digulirkan di Sirkuit Sepang awal bulan depan.

Seperti dilansir MotoGP.com, Rabu (9/1), Pedrosa tidak menduga sama sekali bahwa dirinya mengalami patah tulang akibat dari stres ganda pada tulang selangka kanan.

Baca juga:  Hyundai-Kia 'Temani' Toyota Serius Garap Kendaraan Fuel Cell

“Selama bertahun-tahun saya cedera beberapa patah tulang di area itu dan yang terakhir adalah tiga bagian, menjadikannya sklerotik,” paparnya lebih lanjut.

“Bagian tengah tidak memiliki aliran darah yang cukup, menciptakan osteoporosis, sehingga membutuhkan solusi yang efektif untuk regenerasi tulang agar mencapai pemulihan yang memadai.”

“Setelah menjalani sejumlah tes dan konsultasi medis, rekomendasi yang jelas adalah pemulihan total dan kesehatan tulang,” imbuh Pedrosa.

Sayangnya, seluruh proses klinis ini memakan waktu cukup lama dan akan mencegah Pedrosa melanjutkan program tes yang awalnya direncanakan untuk awal tahun sebagai test rider untuk tim KTM.

Meski demikian, tes pertama selama bulan Desember di Sirkuit Jerez telah memberikan Pedrosa titik awal yang baik dalam pengembangan KTM dan benar-benar terlibat dalam proyek tersebut.

“Saya berterima kasih kepada KTM atas dukungan besar mereka untuk pemulihan ini. Kami sangat gembira dengan pekerjaan yang kami lakukan dan itulah sebabnya saya ingin secara fisik berada dalam kondisi terbaik untuk tugas yang menarik itu,” pungkas Pedrosa.

Baca juga:  Ratusan Bikers Geruduk IMOS di Hari Terakhir

Apa yang dialami Pedrosa menambah rentetan cedera terhadap KTM. Tahun lalu, Pol Espargaro absen empat balapan, sedangkan Mika Kallio tidak dapat menjalankan peran penguji selama paruh kedua musim.

Pabrikan Austria itu kemudian merekrut Randy de Puniet untuk menggantikan Kallio hingga akhir 2018, juga memanggil Loris Baz sebagai pengganti sementara Espargaro di Silverstone. [dp/MTH]