Penguasaan Pangsa Pasar Otomotif Astra Turun di 2018


JAKARTA (DP) – Sepanjang 2018 lalu, penjualan kendaraan roda empat secara nasional berhasil melampaui pencapaian di tahun sebelumnya, yaitu 1.151.413 unit, sementara di tahun 2017, terukir angka penjualan sebanyak 1.079.886 unit secara wholesales.

Menurut data yang dilansir Astra International Tbk, Selasa (15/1) lalu, dari jumlah tersebut, Grup Astra International melalui merek Toyota, Daihatsu, Isuzu dan Peugeot, mampu mendominasi separuh dari penjualan mobil sepanjang tahun tersebut yaitu sebanyak 582.446 unit.

Sementara untuk produk mobil dari berbagai merek non-Astra mampu mendulang angka penjualan 568.967 unit. Dengan begitu, grup Astra berhasil menguasai pangsa pasar penjualan nasional sebesar 51%.

Penguasaan tersebut tergolong menurun dibandingkan tahun sebelumnya (2017), yang tercatat sebanyak 54% pangsa pasar.

Secara rinci, Toyota dan Daihatsu berkontribusi besar dalam pencapaian ini dengan hasil masing-masing 353.471 unit dan 202.738 unit. Diikuti Isuzu dengan 26.098 unit, serta Peugeot yang menorehkan angka penjualan 139 unit.

Baca juga:  Toyota Bakal Unjuk Gigi dengan Camry dan Avalon TRD

Sedangkan dari merek non-Astra, Mitsubishi mengisi posisi ketiga dengan data penjualan sebanyak 194.331 unit, disusul Honda dengan 162.170 unit, serta Suzuki 118.014 unit.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Jongkie Sugiarto, telah memproyeksikan bahwa di tahun ini penjualan mobil di Indonesia bakal bertahan di angka 1,1 juta unit.

“Kami melihat pertumbuhan ekonomi nasional akan berdiri diposisi 5,2%, jadi mirip dengan saat ini. Sekarang kami tidak mau bicara yang muluk-muluk, karena targetnya juga 1,1 juta unit, atau stagnan,” kata Jongkie, seperti dilansir oleh Antara.

Dengan mempertahankan angka penjualan sebanyak 1,1 juta unit tersebut, Jongkie mengaku itu sudah bagus untuk pasar mobil di Indonesia pada tahun ini. [dp/MTH]