Daihatsu Pertahankan Posisi Kedua Penjualan Ritel 10 Tahun Berturut-turut

Sigra terus berkontribusi positif besar pada penjualan Daihatsu.

JAKARTA (DP) – Tahun 2018 menjadi tahun keberuntungan bagi Daihatsu, dan di tahun itu juga Daihatsu mampu menempati urutan kedua pada penjualan secara ritel otomotif nasional.

Dengan pencapaian ini menjadikan Daihatsu terus mempertahankan posisi tersebut selama 10 tahun berturut-turut, sekaligus mencetak angka penjualan terbaik sepanjang sejarah.

Selama periode Januari – Desember 2018, penjualan ritel Daihatsu berhasil menggapai 200.178 unit, atau naik 8,1% dibandingkan periode yang sama 2017. Sementara untuk whole sales tercapai 202.738 unit atau naik 8,8% dibandingkan 2017.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia, sehingga Daihatsu kembali meraih posisi nomor 2 di tahun 2018,” Tetsuo Miura, President Director PT Astra Daihatsu Motor, dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/01)

Sigra kembali menjadi kontributor terbesar penjualan ritel Daihatsu dengan pencapaian 50.682 unit, diikuti Gran Max (PU) sebesar 42.250 unit, Xenia 30.418 unit, dan Terios meraih 29.655 unit sepanjang 2018.

Baca juga:  'Kepergok' Facelift Sigra di Showroom Daihatsu, Astra Biz Center BSD

Produk LCGC Ayla mampu menyumbangkan 25.361 unit dan Gran Max (MB) 16.185 unit. Sedangkan line-up Daihatsu lainnya seperti Luxio, Sirion dan Hi-Max menggapai 5.627 unit.

Urutan yang tak jauh berbeda, juga dibuktikan pada wholesales Daihatsu dimana Sigra kembali memimpin dengan angka penjualan 50.907 unit, disusul Gran Max (PU) sebesar 42.389 unit, Terios 31.453 unit, serta Xenia 29.521 unit.

Kemudian, ada Ayla sebesar 26.952 unit, dan Gran Max (MB) sebanyak 16.189 unit. Untuk model lainnya meliputi Luxio, Sirion dan Hi-Max berkontribusi 5.327 unit.

“Dengan pencapaian ini, Daihatsu mampu mempertahankan posisi nomor 2 di pasar otomotif di Indonesia selama 10 tahun terakhir secara berturut-turut, dan catat penjualan tertinggi sepanjang sejarah Daihatsu di Indonesia,” pungkas Miura.

Sebagai informasi, di pasar otomotif nasional, penjualan retail Daihatsu meraih pangsa pasar 17,3% dari volume retail nasional 1.070.156 unit. Sementara wholesales Daihatsu meraih 17,3% pangsa pasar dari volume whole sales nasional 1.079.886 unit. [dp/MTH]