Pesanan Supra A90 Special Edition Membludak, Sistem Inden Toyota Inggris ‘Jebol’


LONDON (DP) – Toyota akan mulai mengirimkan Supra A90 Special Edition di Eropa pada medio tahun ini. Sebagai versi edisi khusus, model ini hanya tersedia sebanyak 90 unit di Benua Biru.

Untuk Inggris sendiri, Toyota UK kebagian sebanyak 24 unit, dan konsumen yang berminat diwajibkan menyerahkan uang tanda jadi sebesar £1.000 (Rp18 jutaan).

Tapi sepertinya sebagian calon pemilik Supra A90 Special Edition di negerinya Ratu Elizabeth itu akan kecewa. Pasalnya, daftar inden untuk model sport garapan Toyota dan BMW itu lebih panjang dari yang dialokasikan sebanyak 24 unit.

Untuk itu, Toyota UK sampai harus meminta maaf kepada para penginden yang sudah terlanjur membayar uang tanda jadi, karena sebagian dari mereka tidak akan mendapatkan unit yang dipesan.

Usut punya usut, ternyata jumlah pemesan Supra A90 Special Edition yang melebihi unit yang tersedia disebabkan oleh masalah teknis, yaitu sistem pemesanan yang mengalami kerusakan sehingga terus menerima pemesan meski kuota sudah terpenuhi.

Baca juga:  Meluncur Diam-diam, Yamaha MT-15 Siap Berduel Dengan CB150

“Dengan rasa penyesalan yang mendalam, dalam surat ini kami memberitahu Anda bahwa ada kemungkinan Anda tidak akan mendapatkan A90 Special Edition,” kata Toyota UK melalui e-mail yang di-posting dalam forum SupraMKV.

Toyota UK menilai tingginya minat konsumen terhadap A90 Special Edition yang memesan secara online, membuat sistem pemesanan mengalami kesalahan teknis.

Dalam surat yang ditandatangani Toyota GB General Manager for Product Marketing, Richard Lacey, konsumen diinformasikan bahwa Toyota UK tidak dapat menambah kuota pasokan untuk  A90 Special Edition.

Namun, sebagai permintaan maaf dan untuk mengurangi rasa kecewa konsumen, Toyota UK menawarkan dua opsi, yaitu membatalkan pemesanan dan uang tanda jadi dikembalikan penuh. Pilihan kedua adalah, mengganti pemesanan untuk model Supra 3.0L Pro, yang merupakan varian tertinggi di Inggris.

Jika konsumen mau menerima opsi kedua, mereka akan mendapat kompensasi servis gratis selama dua tahun dan juga diundang untuk menghadiri acara Toyota Gazoo Motorsport Event sebagai tamu khusus Toyota.

Baca juga:  Honda CB650R Berkonsep Neo Sport Cafe Diluncurkan

Selain itu, bagi konsumen yang masih ingin melakukan test drive Supra 3.0L Pro sebelum memutuskan untuk membeli, maka Toyota masih memberi kesempatan dan tetap masuk daftar inden.

Dibandingkan dengan model standar, Toyota Supra A90 Special Edition memiliki warna bodi Storm Grey dof (matte), velg kelir hitam dof dan kokpit didominasi warna merah, seperti lapisan kulit merah pada tempat duduk dan juga setir. Warna merah juga membalut rumah spion. Untuk spesifikasi lainnya sama dengan model Supra 3.0L Pro.

Bila Anda penasaran dengan Supra, semoga saja Toyota Astra Motor memajang model sport anyar ini di ajang Indonesia International Motor Show 2019 atau di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019. [dp/TGH]