Tahukah Anda? Setir Mobil Lebih Kotor dari Dudukan Toilet


JAKARTA (DP) – Selama ini banyak orang menilai toilet adalah tempat paling kotor dan tempat bermukim banyak bakteri. Tapi penelitian menguak fakta bahwa setir mobil empat kali lebih kotor dari dudukan toilet.

Adalah CarRentals.com, website untuk penyewaan mobil di Amerika yang mengungkap fakta tersebut melalui survei yang dilakukan terhadap 1.000 pengemudi di Negeri Paman Sam. Dalam survei itu ditanyakan seberapa sering pemilik mobil membersihkan kabin kendaraan mereka, termasuk melakukan sanitasi.

Hasilnya sungguh mengejutkan. Tercatat hanya 32 persen mereka yang disurvei, atau 320 dari 1.000 pengemudi, mengaku jarang membersihkan kabin mobil mereka. Mirisnya, mereka hanya membersihkan kabin secara menyeluruh satu kali dalam setahun.

Hasil studi itu berbanding lurus dengan apa yang disebutkan National Center for Biotechnology Information, yang menyatakan interior mobil termasuk salah satu tempat paling kotor di muka Bumi, yang bahkan lebih kotor dibandingkan dudukan toilet.

Studi tersebut mengukur tingkat kekotoran bagian-bagian pada interior mobil melalui pengukuran rata-rata jumlah bakteri per centimeter persegi, atau colony-forming units (CFU).

Baca juga:  Suzuki Raih Lima Penghargaan di Ajang TIIMS Awards 2019

Dari pengamatan itu diketahui bahwa setir mengandung 629 CFU. Bandingkan dengan layar handphone yang sebanyak  100 CFU, kemudian tombol lift sebanyak 313 CFU. Bagaimana dengan dudukan toilet umum? Ternyata cuma 172 CFU.

Berdasarkan pengamatan itu, ada dua jenis bakteri yang paling banyak ditemukan di dalam kabin mobil, yaitu Staphylococcus, yang menjadi pemicu banyak penyakit, seperti keracunan makanan, infeksi kulit dan Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA). Bakteri lainnya adalah Propionibacterium yang menyebabkan inflamasi dan infeksi.

Lantas apa yang memicu banyaknya bakteri tinggal di dalam mobil?

Jawabannya adalah kebiasaan makan di dalam mobil. Remahan makanan yang tercecer di tempat duduk atau di lantai mobil menjadi tempat berkumpulnya berbagai macam bakteri. [dp/TGH]