Benarkah Toyota 86 dan Subaru BRZ akan Dimatikan?


TOKYO (DP) – Toyota Supra kini menjadi bintang baru bagi para penggemar mobil sport. Popularitas mobil sport yang dikembangkan bersama BMW ini tak dipungkiri dapat meredupkan pamor Toyota 86 yang sempat menjadi satu-satunya model sport milik Toyota.

Bahkan rumor yang beredar menyebutkan Toyota 86 dan kembarannya, Subaru BRZ, sudah memasuki masa pensiun sebelum akhirnya dimatikan. Laporan yang disebarkan oleh Japanese Nostalgic Car itu mengutip sumber yang menyatakan nasib kedua model sport itu akan ditentukan akhir bulan depan.

Namun demikian, seorang sumber di Subaru Amerika menyatakan bahwa BRZ generasi kedua tetap akan diluncurkan, meski pihak Subaru belum berani berbicara banyak mengenai waktu peluncurannya. Bisa jadi BRZ masih akan bertahan, paling tidak namanya. Sedangkan Toyota belum memberikan tanggapan atas laporan soal pemberitaan dari situs berita Jepang itu.

Japanese Nostalgic Car juga menyatakan Toyota dan Subaru masih akan menjalin kemitraan untuk membangun mobil sport, meski tak disebutkan model apa saja yang akan digarap kedua perusahaan otomotif asal Negeri Sakura itu. Toyota dan Subaru bermitra dalam mengembangkan BRZ/86, dengan Subaru antara lain memasok mesin, sementara Toyota mengembangkan transmisi manual 6 percepatan.

Baca juga:  RSV Helmet, Helm Lokal Ini Kini Punya Outlet di Jakarta

Saat ini, Toyota merilis new Supra dengan mesin 4 silinder di sejumlah pasar di luar Amerika, sehingga mengancam langsung segmen yang sekarang ini dihuni 86. Dari sini, sangat logis jika 86 harus dihentikan produksinya. Tapi bukan berarti kemitraan Toyota/Subaru juga harus dihentikan.

Rumor seputar kebangkitan kembali Toyota MR2, yang lagi-lagi akan memiliki DNA Subaru, terus mengemuka akhir-akhir ini. Lantas, apakah BRZ akan menjelma menjadi mobil sport dengan mesin tengah? Atau, apakah Toyota akan melanjutkan kemitraan dengan Subaru untuk mengembangkan new MR2?

Begitu banyak pertanyaan yang muncul. Tapi jawabannya sepertinya akan keluar dalam beberapa bulan ke depan baik dari Subaru maupun Toyota. Apalagi di gelaran Detroit Motor Show yang dibuka sejak 14 Januari dan berakhir 27 Januari 2019, bos Toyota, Akio Toyoda, mengisyaratkan untuk meluncurkan model sport lain untuk menemani new Supra. Boleh jadi model sport anyar mendatang adalah MR2, yang kemungkinan besar akan digarap bareng Subaru. [dp/TGH]