Kolaborasi Modifikasi Teknologi dan Tradisional di CustoMAXI Bali

Kontes CustoMAXI di Bali cukup antusias diikuti para pemilik skutik MAXI Yamaha.

JAKARTA (DP) – Kontes modifikasi skutik MAXI Yamaha, CustoMAXI, yang digelar akhir pekan lalu (26/1) di Denpasar Bali, berlangsung sukses dan meriah, yang ditandai dengan antusiasme peserta dan masyarakat yang menyaksikan gelaran tersebut.

Berlangsung di Man Shed, Sanur, Denpasar, Sabtu lalu, para peserta kontes cukup jeli dalam memodifikasi tunggangannya, dengan menyusupkan konsep teknologi dan budaya tradisional khas Bali.

Kreativitas peserta cukup mengundang decak kagum pengunjung yang datang, terlebih saat ini popularitas skutik MAXI Yamaha makin banyak diserap konsumen di Pulau Dewata tersebut.

“Popularitas terus terbangun dikarenakan kualitasnya terbukti memikat publik di Bali, yang mewakili area berkumpulnya konsumen domestik dan mancanegara segmen itu di Indonesia,” demikian rilis Yamaha seperti diterima Dapurpacu, Selasa (29/1).

Bali menjadi lokasi pelaksanaan yang ke-6 dari rangkaian CustoMAXI yang digelar sepanjang periode 2018 – 2019, setelah sebelumnya sukses diselenggarakan di Kota Medan.

Seperti ajang sebelumnya, tiga kategori kembali diperlombakan mulai dari Daily Use dan Master Class untuk Nmax, Aerox dan Xmax dan kelas Rising Star yang ditujukan bagi pemilik Lexi.

Baca juga:  Rayakan HUT ke-4, Kutu Community Gelar Vespa Hias di Bali

Untuk lebih mengenal hasil modifikasi para pemenang CustoMAXI Bali, berikut komentarnya :

Pemenang Kategori Master Class Xmax : Robert Elim

Dalam memodifikasi Xmax-nya, Robert memilih warna merah striping silver dengan konsep techno, plus penggunaan komponen-komponen dengan teknologi terkini.

“Misalnya saat menyalakan motor, cukup hanya menggunakan handphone android dan sidik jari, lalu motor bisa menyala” sebut Robert.

Dengan sidik jari misalnya untuk mendeteksi ada suara dengan kalimat-kalimat sebagai penanda hasil deteksi. Ubahan lainnya yaitu pada shockbreaker air suspension depan belakang, headlamp dan stoplamp LED custom.

Sistem pengecatan dibalut glitter, foil, airbrush. “Pada dasarnya saya suka Xmax karena nyaman dikendarai. Saya pernah turing naik Xmax dan juga kopdar, mudah dimodifikasi juga,” ujarnya.

Pemenang Kategori Master Class Nmax : Norma Anggraeni

”Nmax ini menonjolkan warnanya yang unik, biru keabu-abuan. Joknya juga dibuat berbeda dengan sistem motorized dan bisa dibuka dengan remote. Body custom kit dan rapi karena pakai fiber,” ujarnya.

Baca juga:  Yamaha Indonesia Tantang Kreativitas Builder Skutik MAXI di Medan

“Nmax saya beli untuk modifikasi dan juga dipakai harian. Bangga rasanya naik Nmax. Pernah touring ke Malang, rasanya nyaman dan bensin irit,” ungkap Norma bangga.

Pemenang Kategori Master Class Aerox 155 : Gamma

Sebagai pemenang kelas Aerox, Gamma mengaku memodif tunggangannya sesuai karakter yang diusung oleh skutik tersebut, yakni lebih menonjolkan atmosfer sportinya.

Karena itulah, tema racing look diangkat dalam modifikasinya. “Karena kompetisinya ketat, teknologi dan harmonisasi modifikasinya harus benar-benar diperhatikan,” klaim Gamma.

“Seperti untuk Aerox saya ini, joknya motorized dan motornya juga bisa jalan sendiri menggunakan remote control dan roda pembantu buat keseimbangan,” terangnya.

Untuk pilihan warna, Gamma sengaja memainkan beragam warna pada bodi, mulai dari warna biru, putih ditambah merah dan oranye, dengan tujuan agar tunggangannya maskin terlihat menonjol.

“Saya suka Aerox motornya sporty, tampak gagah mengendarainya dan beda dengan yang lain,” lanjut Gamma.

Baca juga:  Menteri Budi Kendarai Yamaha MAXI Sosialisasi Keselamatan Berkendara

Pemenang Kategori Rising Star Lexi : Novian Wijaya

Untuk memodifikasi Lexi miliknya, Novian sengaja membubuhkan ukiran tradisional khas Bali. “Saya ingin mengembangkannya untuk motor matik karena belum biasa digunakan buat motor tipe itu,” jelas Novian.

Urusan warna bodi, dia memainkan beragam warna seperti ungu, biru, kuning supaya terlihat ‘Sexy Lexi’. “Kalau kena cahaya warnanya lebih terlihat,” sambungnya.

“Joknya juga saya buat ada lekukan sesuai tema ukiran dan warnanya juga campur. Lexi ini dipakai istri saya dan warnanya pilihan anak saya. Motor nyaman, dek lega dan ada colokan charger handphone,” pungkasnya.

CustoMAXI periode 2018-2019 telah dilaksanakan di Bekasi, Yogyakarta, Balikpapan, Makassar, Medan. Rangkaian tahap semifinal di delapan kota menyisakan di Surabaya dan Bandung. [dp/MTH]