Keren! Di Inggris Ada Parkir Valet Pakai Robot


LONDON (DP) – Biasanya kalau orang malas memarkirkan mobil di mall atau area publik lainnya akan memanfaatkan jasa parkir valet. Nah, di bandara Inggris ini prinsipnya sama, hanya saja petugas parkirnya bukan manusia, melainkan robot.

Adalah Bandara Gatwick di London yang segera mengujicoba sistem parkir canggih dengan menggunakan robot otonom, yang tak perlu dikendalikan manusia.

Bentuk robot tak seperti robot yang ada di film, tapi cukup sederhana berupa kotak seukuran bonnet mobil dan dilengkapi dengan ‘lidah’ mirip yang dipunyai forklift. Lidah inilah yang digunakan untuk mengangkat mobil dari lokasi penyerahan oleh konsumen menuju area parkir. Cara kerjanya juga mirip dengan forklift.

CNN Business menyebutkan robot tersebut dilengkapi sensor dan kamera untuk dapat beroperasi tanpa dikendalikan manusia, mulai dari menjemput kendaraan, mencari slot parkir yang tersedia, hingga memarkirkan kendaraan dan membawa kembali mobil ke tempat penyerahan saat konsumen pertama kali datang.

Baca juga:  Perdana, Kilang RU III Plaju Resmi Hasilkan Biosolar (B-20)

Robot itu sendiri adalah buatan perusahaan bernama Stanley Robotics. Pertama kali robot ini diuji di Prancis, tepatnya di Bandara Charles De Gaulle Airport dan Lyon.

Untuk pengujian di Bandara Gatwick rencananya akan berlangsung selama tiga bulan. Pengelola bandara akan merombak area parkir tradisional yang sebelumnya dapat menampung 170 kendaraan, dan digantikan atau disesuaikan sehingga memudahkan tugas robot dalam memarkirkan 270 kendaraan.

Bagi pengunjung bandara yang akan memanfaatkan jasa robot valet, mereka harus membawa kendaraan ke salah satu dari delapan kabin, kemudian di sana melakukan pemesanan dan meninggalkan kendaraan mereka. Setelah itu, robot valet akan mengangkat kendaraan menuju titik parkir yang tersedia.

Untuk menambah kenyamanan, robot valet akan mencatat data para penggunanya, sehingga dapat dengan mudah mengembalikan mobil ke kabin tempat semula konsumen menyerahkan kendaraan mereka untuk diparkirkan.

Saat ini pihak pengelola bandara tengah menyiapkan perombakan dan upgrade fasilitas parkir yang akan dimulai antara April dan Agustus untuk membuang semua rintangan yang berpotensi membingungkan robot valet.

Upgrade itu meliputi perbaikan permukaan jalan yang retak dan juga menyingkirkan berbagai halangan, seperti tiang lampu dan sebagainya. Ini penting, karena robot valet menggunakan sensor dan kamera untuk beroperasi secara otonom, sehingga bila ada objek yang dinilai sebagai penghalang, dikhawatirkan akan menghalangi laju robot. [dp/TGH]

Baca juga:  Transaksi Penjualan Kendaraan di IIMS 2019 Capai Rekor