Kelak Semua Motor Honda Lebih Mudah Dikendalikan


TOKYO (DP) – Sepertinya Honda Motorcycles tak lama lagi akan mencangkokkan teknologi bernama steering assist systems ke sejumlah model kendaraan roda dua berlogo sayap mengepak. Dengan teknologi itu, sepeda motor akan lebih mudah dikendalikan.

Steering assist system racikan Honda ini akan bekerja untuk memudahkan pengemudinya mengendalikan motor, terutama motor turing besar seperti Honda Goldwing. Honda sendiri telah mendaftarkan paten teknologi ini pada 8 September 2016 silam dan dokumen tersebut bocor belum lama ini.

Steering assist system tersebut memanfaatkan teknologi dari motor konsep Honda NeoWing. Motor tiga roda ini memang mengusung teknologi steering assist, tapi masih teknologi lama yang ukurannya belum kompak. Berbeda dengan paten terbaru untuk teknologi serupa yang dimensinya lebih kecil dan kompak.

Sistem ini menggunakan sejumlah assist motor yang mendapatkan input dari setang setir dan mengendalikan roda depan. Teknologi ini mirip dengan power steering pada kendaraan roda empat. Dengan sistem ini, pengemudi tak perlu tenaga besar untuk bermanuver dan membelokkan sepeda motor berukuran besar pada kecepatan rendah, karena setir lebih ringan dibandingkan motor tanpa steering assist.

Baca juga:  Honda Bakal Fasilitasi Quick Charge Mobil Listrik di Eropa

Sejauh ini belum diketahui kapan dan motor model apa yang lebih dulu dicangkokkan steering assist system. Yang paling memungkinkan untuk mendapatkan teknologi ini pertama kali adalah Honda Goldwing. Jika itu terjadi, maka Honda Goldwing generasi teranyar akan menjadi sepeda motor versi produksi pertama yang menggunakan steering assist system.

Honda Goldwing sendiri adalah motor besar yang sudah mendapatkan seabrek teknologi yang biasa ditemukan pada mobil, seperti gigi mundur, speaker tahan air dan bahkan lubang ventilasi AC untuk memanjakan pengemudi. Hebatnya lagi, Honda Goldwing juga dibekali cruise control system, dan juga sebagai satu-satunya motor yang memiliki airbag.

Setelah Goldwing, Honda kemungkinan juga akan membenamkan steering assist system ke model lainnya, meski juga berpeluang mendongkrak harga motor. Tapi demi kenyamanan, bagi sebagian orang duit bukan masalah. [dp/TGH]