Toyota Rush dan Avanza Bakal Cicipi Pasar India?


NEW DELHI (DP) – Toyota sepertinya bakal jor-joran dalam beberapa tahun ke depan demi mendongkrak pangsa pasar di India. Kerjasama antara Toyota Kirloskar Motor dengan Maruti Suzuki merupakan bagian dari strategi raksasa otomotif Jepang itu di Negeri Bollywood.

Untuk tahap awal, Toyota Kirloskar Motor akan melucurkan model kendaraan yang dipasok dari Maruti Suzuki, termasuk Maruti Baleno dan Vitara Brezza.

Tahun depan, kabarnya Toyota India juga akan merilis all-new compact SUV. Sebuah laporan terbaru menyebutkan Toyota sedang mempertimbangkan untuk meluncurkan low MPV atau SUV, yang kalau di Indonesia berada di kisaran harga Rp200 jutaan.

Untuk model SUV, disebutkan sudah dalam tahap final untuk mendapatkan persetujuan untuk meluncur di pasar India. Meski belum disebutkan nama model anyar tersebut, tapi kemungkinan besar adalah Toyota Rush.

Toyota sendiri telah meluncurkan all-new Rush di pasar internasional, termasuk Indonesia, sejak tahun lalu. Di India, model ini dapat menjadi pesaing Jeep Compass dan Hyundai Creta.

Baca juga:  Paduan Tiongkok-Arab, Wuling Almaz Tonjolkan Konsep Smart

Seiring dengan tingginya minat terhadap SUV, Toyota Rush sepertinya menjadi pilihan tepat. Akan tetapi, ada kabar juga Toyota merilis Avanza di Negeri Hindustan tersebut.

Yang menarik, kendaraan anyar Toyota itu akan dilabeli Suzuki, sebagai bagian dari kerjasama kemitraan Toyota Kirloskar di India. Kemudian, all-new SUV diperkirakan akan dicangkokkan dapurpacu hybrid dan bodi monokok. Demikian juga dengan model MPV, yang bakal mengusung sistem full-hybrid.

Di pasar India, Toyota Innova Crysta dan Toyota Fortuner sangat populer. Tapi di bawah kelas kedua model tersebut, Toyota tak punya model populer. Itulah mengapa Rush dan Avanza diharapkan dapat mengisi celah tersebut.

Di sisi lain, Toyota akan meluncurkan hatchback baru berbasis Maruti Suzuki Baleno di India, yang diperkirakan jadwal peluncurannya pada Maret mendatang. Setelah itu disusul dengan versi Maruti Suzuki Vitara Brezza yang ditempeli logo dan emblem Toyota. [dp/TGH]