Toyota Supra Versi TRD Ini Benar-benar Keren!


TOKYO (DP) – Lebih dari tiga pekan setelah diperkenalkan dan setelah model produksi perdananya laku sekitar Rp30 miliar dalam sebuah lelang untuk amal, Toyota A90 Supra lahir kembali dalam wujud konsep garapan Toyota Racing Development (TRD).

Bernama lengkap GR Supra Performance Line Concept TRD, konsep Toyota Supra 2020 ini memiliki tampilan lebih keren dan sporty berkat penambahan body kit racikan TRD.

Dalam laman resminya, TRD menyebutkan bahwa New Supra TRD Concept tidak mengalami ubahan dari sisi dapur pacu. Tapi meski demikian, berkat penggunaan sejumlah komponen berbahan serat karbon yang ringan dan kuat, performa sport coupe ini meningkat.

Kemunculan New Supra TRD Concept ini dapat memberikan gambaran dan acuan bagi para pemilik Toyota Supra versi standar untuk mendongkrak tampilan kendaraan mereka.

Di bagian depan, Supra generasi kelima versi TRD ini dilengkapi spoiler dengan sirip besar guna meningkatkan daya tekan (downforce) dan mengurangi dorongan dari bawah saat melaju dalam kecepatan tinggi.

Baca juga:  Mengintip Deretan Kendaraan Untuk Pernikahan Kerajaan Inggris

Beralih ke sisi samping, di sini terdapat  side skirt yang berguna untuk menurunkan pusat gravitasi berkat penempatan skirt yang rendah. Sentuhan pada sisi samping ini selain untuk mengurangi turbulensi udara, juga memuluskan aliran udara ke belakang.

Untuk bagian belakang, penambahan sirip di samping bawah bumper berguna untuk meningkatkan stabilitas. Spoiler belakang juga bermanfaat untuk menciptakan keseimbangan aerodinamika.

Selain untuk alasan mendongkrak penampilan dan aspek aerodinamika, body kit TRD ini juga memberikan kesan lebar pada Supra, sehingga semakin terlihat gagah.

Toyota GR Supra Performance Line Concept TRD makin gagah berkat dukungan velg aluminium 19 inci. Tak disebutkan apakah suspensi dan peranti pengereman ikut dibenahi. Tapi di bagian bawah laman resminya, TRD Japan menampilkan kalimat “To Be Continued”, yang bisa jadi masih akan ada hal-hal baru lainnya untuk Supra TRD. [dp/TGH]