Anda Penggemar Mobil Hijau? Toyota 86 Ini Bisa Dipilih


TOKYO (DP) – Mobil hijau belakangan semakin digemari, jika itu mengacu pada mobil ramah lingkungan berteknologi listrik atau hybrid. Tapi untuk model sport Toyota yang satu ini bukan pilihan kelompok yang cinta terhadap lingkungan, melainkan memang suka terhadap warna hijau.

Yah, untuk mengakomodasi mereka yang menyukai kendaraan warna hijau, Toyota baru saja merilis model sport 86 dengan kelir bodi hijau. Warna pada Toyota 86 ini diberi nama ‘GT British Green Limited’.

Entahlah apakah Toyota 86 berkelir hijau ini akan menjaring banyak penggemar. Pasalnya, tak banyak konsumen yang suka akan warna ini untuk mobil, karena dinilai beraura suram. Tapi Toyota tetap yakin 86 berwarna GT British Green Limited ini bakal punya penggemar sendiri.

Untuk saat ini, Toyota 86 kelir GT British Green Limited baru dirilis di Jepang. Warna spesial itu sendiri merupakan turunan dari warna khas mobil balap lansiran Inggris, Lotus dan Austin.

Baca juga:  Toyota Bikin Camry dan Highlander Versi 'Seram'

Nah, karena Toyota 86 adalah model sport yang memiliki aura balap, sepertinya sudah sepantasnya Toyota berharap warna itu akan memberikan ‘berkah’ bagi model sport yang cukup populer di sejumlah negara itu.

Untuk mengimbangi warna GT British Green Limited, 86 berkelir khusus ini dibekali sejumlah komponen performa tinggi yang cocok dengan gaya mobil sport retro. Warna hijau metalik gelap pada 86 ini selaras dengan velg alloy berwarna perunggu ukuran 17 inci. Velg kemilau itu makin keren dengan paduan kaliper Brembo warna merah. Selain peranti pengereman, suspensi pada model 86 edisi terbatas ini menggunakan seperangkat damper merek Sachs untuk meningkatkan pengendalian di jalan raya.

Sementara kabinnya juga tak banyak mengalami ubahan. Lapisan kulit Alcantara berpadu manis dengan aksen warna coklat muda pada tempat duduk, yang semakin menguatkan kesan retro. Ubahan lebih kentara dilakukan pada jahitan pelapis setir dan tuas persneling, yang lagi-lagi didominasi aksen warna coklat muda.

Baca juga:  Mungkin Tampang Adik Toyota 86 Seperti Ini?

Namun demikian, Toyota tak melakukan sentuhan apapun terhadap dapur pacu kembaran Subaru BRZ edisi spesial ini, yakni tetap menggendong mesin boxer 2.000cc bertenaga 197 hp yang dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan atau matik Super ECT 6 percepatan. [dp/TGH]