Merek Mobil Anda Peringkat Berapa dalam Studi Kehandalan J.D. Power 2019?


LOS ANGELES (DP) – J.D. Power kembali merilis hasil studi tahunan tentang tingkat kehandalan kendaraan, yang memeringkat merek-merek mobil melalui data yang diambil dari hasil survei terhadap konsumen. Merek mobil apa yang paling bandel atau paling handal?

Dalam U.S. Vehicle Dependability Study edisi 2019 yang diumumkan pekan ini, terlihat hanya ada sedikit perubahan posisi dalam daftar 10 merek mobil terhandal dibandingkan studi tahun lalu.

Untuk studi ini, J.D. Power menyebarkan kuisioner kepada para pemilik kendaraan berbagai merek setelah tiga tahun kepemilikan. Ada sejumlah kategori penilaian untuk mengetahui tingkat kehandalan kendaraan, meliputi Eksterior, Interior, Tempat Duduk, Mesin/Transmisi, Pengalaman Mengemudi, Audio/Navigasi dan Tombol-tombol/Layar Infotainment.

Survei tersebut mengukur jumlah masalah yang dialami per 100 kendaraan. Dari situ kemudian J.D. Power memeringkat merek kendaraan berdasarkan metrik tersebut, yang diterjemahkan ke dalam angka-angka yang disebut sebagai ‘PP100’ score. Skor yang lebih rendah menunjukkan masalah yang lebih sedikit yang dialami merek kendaraan.

Baca juga:  Tes Moto2 Jerez: Dimas Ekky Tembus Posisi 20 Besar

J.D. Power tak menoleransi masalah sekecil apapun pada studi ini, seperti misalnya kegagalan voice recognition systems mengenal suara pengemudi/penumpang, atau layar infotainment yang lambat merespons, tetap dihitung sebagai “problem”.

Nah, berikut ini adalah daftar 10 besar merek kendaraan yang diperingkat J.D. Power, yang dimulai dari urutan terbawah, atau yang paling banyak mengalami masalah.

10. Kia

Kia masih mampu bertahan di 10 besar merek paling handal dalam studi J.D. Power 2019. Tapi merek Korea ini melorot dari urutan ke-5 pada 2018 menjadi ke-10 tahun ini. Kia memiliki PP100 score di angka 122 tahun lalu dan tahun ini mengoleksi 126.

9. Hyundai (Tie)

Hyundai turun dari posisi ke-6 tahun lalu menjadi ke-9 tahun ini. ‘Saudara’ Kia ini meraih PP100 score 127 tahun lalu dan 124 tahun ini. Sebenarnya skor kehandalan Hyundai tidak lebih buruk, tapi tingkat persaingan saja yang kian ketat. Hal itu terlihat dari raihan skor yang sama dengan Audi.

Baca juga:  Ferrari Bikin Buku, Harganya Setara Toyota Innova Venturer

8. Audi (Tie)

Sejumlah merek Jerman memang selalu kesulitan dalam studi J.D. Power dalam beberapa tahun terakhir, tapi Audi berhasil bangkit dari pencapaian tahun lalu, dengan mengumpulkan PP100 score sebanyak 124. Tahun lalu tak ada nama Audi dalam daftar peringkat 10 besar.

7. BMW

BMW mengemas PP100 score untuk 2019 sebanyak 122, peningkatan yang baik dibandingkan 2018 yang meraih skor 127.

6. MINI

MINI tampil mengejutkan tahun ini. Meski terbukti handal dalam beberapa tahun terahir dilakukan studi, tapi raihan angka 119 dalam PP100 score, menunjukkan merek ini minim masalah.

5. Buick

Buick selalu langganan berada di 10 besar J.D. Power Vehicle Dependability Study. Tahun lalu, PP100 score merek Amerika ini adalah 116 dan tahun ini mendapatkan skor 118.

4. Chevrolet

Chevrolet menemani Buick sebagai merek kendaraan di bawah payung General Motors yang tampil apik dalam studi J.D. Power, setelah mengemas PP100 score 124 pada 2018 dan 115 tahun ini.

Baca juga:  Ini Bocoran Spesifikasi Lengkap Suzuki Jimny Anyar

3. Toyota (tie)

Untuk urusan kehandalan, Toyota sudah tak terbantahkan adalah ‘rajanya’. Tahun ini, PP100 score milik Toyota adalah 108, yang menempatkannya sebagai runner-up bersama Porsche. Meningkat tajam dari raihan tahun lalu sebanyak 127.

2. Porsche (tie)

Porsche menjadi brand selain Toyota yang memiliki tingkat kehandalan tinggi. Tahun lalu merek Jerman ini mendapatkan PP100 score sebanyak 100 dan tahun ini sedikit merosot menjadi 108.

1. Lexus

Selama delapan tahun berturut-turut merek mewah milik Toyota ini menjadi juara dalam aspek kehandalan. Lexus mencatat PP100 score di angka 99 tahun lalu, dan turun tipis menjadi 106 tahun ini, yang menempatkannya di posisi teratas dalam peringkat JD. Power Vehicle Dependability Study 2019. [dp/TGH]