Penyegaran ‘Dadakan’ Suzuki New Ertiga

Penyegaran minim dilakukan Suzuki pada Ertiga tipe GL dan GX.

JAKARTA (DP) – Tak ingin ketinggalan dengan gebrakan para pesaingnya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mulai membenahi kelengkapan ‘amunisi’ yang ada di tubuh produk MPV unggulannya yaitu Ertiga.

Terlebih melihat bakal diluncurkannya All New Livina pada pekan depan, tentunya langkah penyegaran tersebut dianggap perlu untuk memberikan sesuatu yang lebih kepada konsumen setianya.

Tak adanya ‘woro-woro’ yang lazim dilakukan jenama asal Jepang ini, Ertiga melakukan beberapa penambahan fitur yang disusupkan pada varian GL dan juga GX. Improvisasi fitur berdasarkan rilis yang diterima Dapurpacu oleh pihak PT SIS.

Menurut 4W Deputy Managing Director PT SIS, Setiawan Surya, penambahan fitur-fitur tersebut diakuinya berdasarkan masukan dari konsumen, yang diharapkan sesuai ekspektasi dan kebutuhan.

“Sejak diluncurkan tahun 2012, kami terus melakukan pengembangan dan penyempurnaan baik dari fitur eksterior maupun interior. Begitu pun dengan All New Ertiga, kami lakukan beberapa perubahan untuk mengoptimalkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara,” jelas Setiawan.

Baca juga:  Menguji SUV Mungil Suzuki di Lintasan Aspal Merah

Untuk Ertiga GL, ubahan yang dilakukan hanya menyematkan lampu kabut untuk meningkatkan visibilitas berkendara. Sebelumnya, kelengkapan itu hanya ada di tipe teratas yakni GX.

foto: autocarindia

Sementara untuk varian GX dipasangkan velg dengan desain baru dual tone black polished, yang membuat sektor kaki-kaki Ertiga terkesan makin sporty.

Nampaknya PT SIS justru terkonsentrasi pada sisi kenyamanan seluruh penghuni kabin kala dibesut di jalan. Hal itu terlihat pada pemasangan head unit layar sentuh baru, dan sistem pengatur AC dengan digital plus pemanas.

Kedua ubahan tersebut cuma tersedia untuk tipe GX saja, yang diklaim meningkatkan kemewahan dan kepraktisan All New Ertiga sebagai mobil keluarga modern dan elegan.

Penyegaran detail juga dilakukan dengan disematkannya assist grip foldable pada plafon baris pertama dan kedua untuk kedua tipe ini. Sedangkan baris ketiga disematkan fixed assist grip untuk menjadi pegangan penumpang ketika mobil mengalami guncangan.

Baca juga:  Sunmori Jadi Momentum 'Obat' Kangen Riders Suzuki

Fitur lain yang kini tersedia pada Ertiga GX yaitu rear defogger untuk mencegah terjadinya embun di kaca belakang dan penambahan wiring harness untuk memudahkan pemasangan rear camera after market.

Sektor dapur pacu yang ada saat ini tetap dipertahankan oleh Ertiga, dimana konfigurasi mesin tipe K15B, berkapasitas 1.500 cc dengan tenaga 103,2 hp dan torsi 138 nm di @4.400 rpm. Opsi transmisi ada lima speed manual dan empat speed otomatis.

Sayangnya, PT SIS enggan untuk membeberkan banderol New Ertiga usai penyegaran tersebut. Kabar yang terendus bakal ada kenaikan harga direntang RP 1-3,5 juta. [dp/MTH]