Purwarupa Mobil Listrik Mungil Honda Debut di Eropa

Honda e Concept bakal tampil pertama kalinya di ajang Geneva Motor Show 2019.

SWISS (DP) – Honda e Prototype, konsep mobil listrik terbaru Honda siap menyapa publik dunia untuk pertama kalinya di Geneva International Motor Show, 5 Maret nanti. Hadirnya e Prototype sebagai gambaran visi Honda tentang mobil listrik di daratan Eropa.

Mobil mungil bermesin full listrik ini terinspirasi dari Honda Urban EV Concept yang telah diluncurkan pada 2017. Memadukan desain yang unik dengan fungsionalitas yang canggih, mobil ini juga diklaim menonjolkan dinamika berkendara yang lincah.

Secara keseluruhan, mobil ini menyediakan paket fitur-fitur terkini yang cocok untuk lingkungan perkotaan. Rancang bangunnya pun tergolong simpel dan berkarakter unik.

Kontur pada bodinya memanjang mulai dari kap mobil hingga kaca depan guna menciptakan permukaan yang terlihat lapang pada bagian depan. Sektor aerodinamika juga ditingkatkan dengan pilar A tanpa celah yang menyatu sempurna dengan kaca mobil untuk menciptakan kabin yang senyap.

Baca juga:  Wuling Air ev, Mobil Listrik Terfavorit Gen Z Indonesia

Desain gagang pintu dibuat tersamarkan rata dengan pintu mobil dan baru muncul keluar saat ditekan. Selain itu, kamera berukuran ringkas juga hadir untuk menggantikan fungsi spion.

Untuk pengisian listrik, colokan pengisian listrik ada di tengah kap mobil untuk memudahkan pengguna mengakses dari sisi kiri maupun kanan mobil. Jumlah daya listrik yang tersisa juga dapat dicek melalui layar berlapis kaca yang akan menampilkan informasi dalam bentuk LED.

Gril berupa panel hitam yang terpampang di bagian depan dan belakang mobil tampil simpel, dipermanis oleh headlamp berdesain bundar semakin menekankan desain yang clean dan minimalis.

Masuk ke kabin, Honda e Prototype mengusung platform khusus mobil listrik dengan wheelbase panjang guna menghasilkan manuver yang lincah dan karakter berkendara dinamis. Di bagian kaki dipertegas dengan penggunaan velg berdiameter lebar.

Kesan lapang dengan sentuhan minimalis-modern hadir untuk mendukung nuansa yang nyaman bagi penumpang. Dengan kain sofa bergaya melange dan material lainnya membuat interior mobil ini terasa seperti sebuah rumah kontemporer, plus lantai kabin yang rata di baris pertama dan kedua.

Baca juga:  Presiden Jokowi Kagum Perkembangan Kendaraan Listrik di Indonesia

Untuk mendukung gaya hidup kekinian, sebuah layar dual-screen customisable tampil di sepanjang dashboard dilengkapi berbagai layanan dan aplikasi pintar.

Tampilan antar-muka juga semakin canggih untuk membuat Honda e Concept lebih dari sekedar alat transportasi, namun juga terintegrasi dengan gaya hidup sehari-hari pemakainya.

Berbagai teknologi masa depan diperagakan melalui menu navigasi sederhana yang digunakan untuk mengontrol kenyamanan dan hiburan di dalam kabin. Tersedia juga dua layar yang terletak di pinggir kiri dan kanan dashboard.

Layar tersebut menampilkan suasana di belakang mobil layaknya sebuah spion, sekaligus mendukung visibilitas pengendara karena penglihatan melalui kamera yang lebih luas.

Dalam kondisi baterai terisi penuh, Honda e Concept mampu menjelajah hingga 200 km, dan memiliki fitur fast charging yang dapat mengisi daya listrik hingga 80% dalam 30 menit sehingga ideal untuk pemakaian sehari-hari.

Honda e Concept didukung penggerak motor elektrik pada roda belakang. Kelak, produksi massal Honda e Concept akan dimulai pada akhir tahun 2019. [dp/MTH]

Previous articlePesan BBM Pertamina Lewat Gawai, Berhadiah Voucher Bensin
Next articleWahana Resmi Tambah Satu Lagi SMK Binaan di Jakarta